Doa berangkat, masuk dan keluar masjid
DASAR ISLAM, DOA DAN DZIKIR

Doa Berangkat, Masuk Dan Keluar Masjid

Alomuslim.com – Bagi seorang laki-laki yang lebih utama adalah mengerjakan shalat lima waktu di masjid secara berjamaah. Karena hal tersebut merupakan perintah yang sangat ditekankan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam kepada umatnya. Dan ia juga merupakan amalan yang memiliki keutamaan sangat banyak.

Ketika seseorang hendak berangkat, ataupun pada saat masuk dan keluar dari masjid, ada beberapa adab dan juga doa yang dapat diamalkan untuk mendapatkan keutamaannya. Berikut beberapa doa diantaranya :

1. Doa Berangkat Menuju Masjid

Bagi seseorang yang berangkat ke masjid sebaiknya ia sudah berwudhu dari rumah, kemudian membaca doa berangkat ke masjid ;

“Allaahummaj ‘alfii qalbii nuuron, wa fii lisaanii nuuron, waj ‘alfi sam’ii nuuron, waj ‘alfii bashorii nuuron, waj ‘almin kholfii nuuron, wa min amaamii nuuron, waj ‘almin fawqii nuuron, wa min tahtii nuuron, allaahumma a’thinii nuuron”

(Ya Allah, jadikanlah cahaya dalam hatiku, cahaya di lidahku, cahaya di pendengaranku, cahaya di pengelihatanku, cahaya dari belakangku, cahaya dari hadapanku, cahaya dari atasku, dan cahaya dari bawahku. Ya Allah, berilah aku cahaya). (HR. Bukhari no. 6316, Muslim no. 763)

Kemudian berjalan ke masjid dengan tenang, meskipun Iqamah sudah berkumandang, tidak usah tergesa-gesa untuk mengejar shalat berjamaah. Perbanyaklah berdzikir salama perjalanan, dengan dzikir apapun tanpa harus ditentukan jumlah bilangannya.

2. Doa Masuk Masjid

Ketika telah sampai di masjid, hendaknya membaca doa masuk masjid:

“Bismillaahi was sholaatu was salaamu ‘alaa rosuulillaahi, Allaahummaf tahlii abwaaba rohmatika”

Dengan nama Allah, semoga shalawat dan salam selalu tercurahkan kepada Rasulullah (hasan. HR. Abu Dawud no. 465, Ibnu Majah no. 773 dan Ibnu Sunni no. 88)

Ya Allah, bukakanlah pintu-pintu rahmat-Mu untukku. (HR. Muslim no. 713)

Setelah membaca doa, ketika masuk ke dalam masjid, sebaiknya kaki kanan lebih di dahulukan.

3. Doa Keluar Dari Masjid

Ketika keluar dari masjid dengan membaca doa :

“Bismilaahi was sholaatu was salaamu ‘alaa rosuulillaahi, Allaahumma innii as’aluka min fadhlika”

Dengan nama Allah, semoga shalawat dan salam selalu tercurahkan kepada Rasulullah. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu karunia-Mu. (HR. Muslim no. 713, Ibnus Sunni no. 88, Ibnu Majah no. 773)

Dan hendaknya ketika keluar dari masjid untuk melangkahkan kaki kiri terlebih dahulu.

 

Referensi : Do’a & Wirid, Yazid bin Abdul Qadir Jawas (Pustaka Imam Asy Syafi’i : 2016)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *