Doa Berlindung Dari Kesengsaraan Dan Hilangnya Nikmat
DASAR ISLAM, DOA DAN DZIKIR

Doa Berlindung Dari Kesengsaraan Dan Hilangnya Nikmat

Alomuslim.com – Tidak seorangpun yang hidup didunia ini menginginkan hidup mereka berada dalam kesengsaraan ataupun kesusahan. Mereka akan melakukan segala cara agar hidup mereka bisa terhindar atau terbebas dari kesengsaraan. Oleh sebab itu banyak manusia yang terjatuh dalam kemaksiatan karena takutnya mereka terhadap berbagai kesengsaraan.

Dan ketika nikmat telah diraih, tidak seorangpun yang menginginkan nikmat tersebut lepas dari dirinya. Mereka ingin kenikmatan tersebut terus hinggap dalam kehidupan mereka. Oleh sebab itu banyak manusia yang terjebak dalam dosa karena takut kehilangan nikmat yang telah mereka raih.

Sangat disayang sebagian manusia tersebut harus terjatuh dalam kemaksiatan, atau harus terjebak dalam perbuatan dosa, hanya karena ingin menghindari kesengsaraan dan mempertahankan kenikmatan. Padahal kalau saja mereka mau mendalami agama Islam, niscaya mereka akan mendapati petunjuk dari Allah dan Rasul-Nya dalam urusan mereka tersebut.

Apa doanya?

Rasulullah shallallahu alaihi was sallam pernah mengajarkan beberapa doa terkait memohon perlindungan dari kesengsaraan dan hilangnya nikmat, diantaranya :

  • “Allaahumma innii a’udzubika min zawaai ni’matika, wa tahawwali ‘afiyatiika, wa fujaaati niqmatika, wajamii’I sakhatika.”

    Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hilangnya nikmat-Mu, dari berubahnya kesejahteraan dari-Mu, dari hukuman-Mu yang datang dengan tiba-tiba, dan dari seluruh kemarahan-Mu. (HR. Muslim no. 2739, Abu Dawud no. 1545)

  • “Allaahumma innii a’udzubika minal faqri, wal qillati, wadz dzillati, wa a’uudzubika min an adzhlima aw udzhlaama”

    Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mudari kefakiran, kekuarangan, dan kehinaan, serta aku berlindung kepada-Mu dari menzhalimi atau dizhalimi. (HR. An Nasa’i VIII/261, Abu Dawud n0. 1544)

  • “Allaahumma innii a’uudzubika minaljuu’I, fa innahu bi’sadhdhojii’u, wa a’uudzubika inal khiyaanati, fainnahaa bi’satil bithaanatu”

    Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kelaparan, karena sungguh ia adalah seburuk-buruk teman berbaring. Akupun berlindung kepada-Mu dari khianat, karena ia adalah seburuk-buruk kawan. (HR. Abu Dawud no. 1547, An Nasa’i VIII/263, Ibnu Majah no. 3354)

Itulah beberpa doa yang telah diajarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi was sallam untuk terhindar dari kesengsaraan dan hilangnya nikmat. Wallahu a’lam.

Referensi : Doa & Wirid, Yazid bin Abdul Qadir Jawas(Pustaka Imam Asy Syafi’i : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *