Doa Berlindung Dari Teman Maupun Tetangga Yang Jahat
DASAR ISLAM, DOA DAN DZIKIR

Doa Berlindung Dari Teman Maupun Tetangga Yang Jahat

Alomuslim.com – Teman maupun tetangga merupakan orang-orang yang dapat mengantarkan kita menjadi penghuni Surga atau Neraka. Ketika kita berteman atau bertetangga dengan orang-orang shalih, tentu kita akan memperoleh kebaikan di dunia dan akhirat. Karena kita senantiasa akan diingatkan dan diajak pada kebaikan. Dan tentunya juga ia akan mengajak kita ke Surga.

Sementara jika kita berteman atau bertetangga dengan prang-orang yang jahat dan buruk agamanya, tentu kita akan memperoleh keburukan di dunia dan akhirat. Karena kita akan senantiasa diajak pada keburukan. Kehiduan kita akan diganggu dengan berbagai perbuatan dan perilaku jahatnya. Teman atau tetangga seperti ini akan menjebak kita ke Neraka. Maka sungguh buruk ketika kita sampai berteman atau bertetangga dengan orang-orang seperti itu.

Rasulullah shallallahu alaihi was sallam pernah mengajarkan kepada para sahabat dan umatnya untuk berdoa agar dilindungi dari teman maupun tetangga yang jahat, berikut doanya :

اَللَّهُـمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنْ جَارِ السُّوْءِ فِيْ دَارِ الْـمُقَامَةِ، فَإِنَّ جَارَ الْبَـادِيَةِ يَتَحَوَّلُ

Allaahumma innii a’udzubika min jaari suu’I fii daaril muqaamati, fainna jaaral baadiyati yatahawwalu.”

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari tetangga yang jahat di tempat tinggal tetapku, karena tetangga orang Badui (desa) itu berpindah-pindah. (hasan. HR. Bukhari no. 117, al-Hakim I/532, an-Nasa’i VIII/274)

اَللَّهُـمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُبِكَ مِنْ يَوْمِ السُّوْءِ، وَمِنْ لَيْلَةِ السُّوْءِ، وَمِنْ سَاعَةِ السُّوْءِ، وَمِنْ صَاحِبِ السُّوْءِ، وَمِنْ جَارِ السُّوْءِ فِيْ دَارِ الْـمُقَامَةِ

Allaahumma innii a’udzubika min yaumis suu’I, wa min lailatis suu’I, wa min saa’atis suu’I, wa min shaahibatis suu’I, wa min jaaris suu’I fii daaril muqaamati.”

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hari yang buruk, juga malam yang buruk, waktu yang buruk, teman yang jahat, serta tetangga yang jahat pada tempat tinggal tetapku. (hasan. HR. Ath-Thabrani XVII/294, no. 810)

Demikianlah beberapa doa yang bisa kita amalkan untuk berlindung dari teman maupun tetangga yang jahat menurut sunnah Rasulullah shallallahu alaihi was sallam,

Referensi : Doa & Wirid, Yazid bin Abdul Qadir Jawas (Pustaka Imam Asy-Syafi’i : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *