Doa Diselamatkan Dari Bencana
DASAR ISLAM, DOA DAN DZIKIR

Doa Diselamatkan Dari Bencana

Alomuslim.com – Menurut pernyataan para ahli geologi, kita tinggal di negara yang hampir setiap wilayahnya rentan dengan bencana alam, mulai dari gempa bumi, tsunami, gunung berapi, dan banyak lainnya. Kondisi tersebut mungkin memang bisa digambarkan oleh para ahli dengan menggunakan ilmu pengetahuan serta teknologi yang dimiliki, sehingga mereka bisa membuat sebuah analisa sebab-sebab yang memungkinkan terjadinya bencana alam.

Tetapi sebagai seorang muslim, kita harus menyadari satu hal, bahwa bencana yang menimpa merupakan sebuah peringatan untuk kita bertaubat dan berhenti melakukan kerusakan di muka bumi, karena bencana bisa terjadi kapanpun dengan kehendak Allah, meskipun ilmu pengetahuan dan teknologi manusia tidak berkata demikian. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

فَكُلًّا أَخَذْنَا بِذَنْبِهِ فَمِنْهُمْ مَنْ أَرْسَلْنَا عَلَيْهِ حَاصِبًا وَمِنْهُمْ مَنْ أَخَذَتْهُ الصَّيْحَةُ وَمِنْهُمْ مَنْ خَسَفْنَا بِهِ الْأَرْضَ وَمِنْهُمْ مَنْ أَغْرَقْنَا وَمَا كَانَ اللَّهُ لِيَظْلِمَهُمْ وَلَكِنْ كَانُوا أَنْفُسَهُمْ يَظْلِمُونَ

Maka masing-masing (mereka itu) Kami siksa disebabkan dosanya, maka di antara mereka ada yang Kami timpakan kepadanya hujan batu krikil, dan di antara mereka ada yang ditimpa suara keras yang mengguntur (halilintar), dan di antara mereka ada yang Kami benamkan ke dalam bumi, dan di antara mereka ada yang kami tenggelamkan, dan Allah sekali-kali tidak hendak menganiaya mereka, akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri.” (Qs. Al-Ankabut: 40)

Maka ketika mendengar adanya peringatan dari para ahli geologi perihal bencana alam yang akan terjadi di wilayah kita, boleh saja kita mempercayai hal itu tetapi harus tetap meyakini bahwa terjadinya bencana bukan sekedar karena sebab pergerakan lempeng bumi atau tanda alam tertentu, melainkan hanya karena kehendak Allah bencana itu bisa terjadi. Adapun hal yang harus kita lakukan ketika mendengar peringatan itu bukanlah dengan membangun tempat perlindungan yang aman, atau mengumpulkan bahan makanan yang banyak agar tetap bisa makan enak ketika bencana terjadi apalagi dengan berusaha menyelamatkan dokumen-dokumen yang dianggap penting. Semua itu tidak bermanfaat jika Allah telah berkehendak.

Satu-satunya jalan yang bisa menyelamatkan adalah bertaubat dari segala perbuatan dosa, kemudian memperbanyak doa untuk memohon diselamatkan dari bencana tersebut. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam telah memerintahkan kepada umatnya untuk senantiasa berlindung dan memohon diselamatkan dari bencana. Berikut doanya :

اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أَعُوْذُ بِكَ مِنْ جَهْدِ الْبَلاَءِ وَدَرَكِ الشَّقَاءِ وَسُوءِ الْقَضَاءِ وَشَمَاتَةِ الأَعْدَاء

Allaahumma innii ‘audzubika min jahdil balaa’i, wa darakisy-syaqaa’i, wa suu’il qadhaa’i, wa syamaatatil a’daa’i.

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari susahnya bencana, tertimpa kesengsaraan, keburukan takdir dan kegembiraan para musuh.” (HARI. Bukhari, 6616, Muslim 2707)

Maka hal itulah yang harusnya dilakukan oleh kaum muslimin, bukan dengan berpikir untuk menyelamatkan harta benda atau segala perbendaharaan dunianya. Bertaubatlah dan berdoalah agar Allah selamatkan dari bencana-Nya.

Referensi :

  • Doa & Wirid, Yazid bin Abdul Qadir Jawas (Pustaka Imam Asy-Syafi’i : 2016)
  • Dzikir Dan Doa Memohon Perlindungan Dari Bahaya, Agus Pranowo (Muslim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *