Doa Kepada Pengantin
DASAR ISLAM, DOA DAN DZIKIR

Doa Kepada Pengantin

Alomuslim.com – Setiap orang pasti pernah menghadiri acara pernikahan orang lain, baik itu kawan, saudara, atau pernikahan adik atau kakaknya. Dan biasanya ucapan atau doa yang sering disampaikan kepada pasangan pengantin, seperti; selamat menempuh hidup baru, semoga bahagia, semoga jadi keluarga yang sakinah, mawadah dan warahmah, dan yang seperti itu.

Memang tidak ada yang salah dengan ucapan atau doa tersebut, karena doa tersebut mengandung kebaikan bagi pasangan pengantin. Tentu yang salah adalah mendoakan keburukan bagi pasangan pengantin. Tetapi Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam telah mengajarkan sebuah doa yang baik dan juga lengkap untuk diucapkan kepada pasangan pengantin. Ucapan doa tersebut yakni:

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْنَكُمَا فِي خَيْرٍ

Baarakallaahu laka wa baaraka ‘alaika wa jama’a bainakumaa fii khair

“Semoga Allah memberi berkah kepadamu dan memberkahi (pernikahan)mu, serta mengumpulkan kalian berdua dalam satu kebaikan.” (shahih. HR. Abu Dawud no. 2130, at-Tirmidzi no. 1091, Ahmad II/381, dan yang lainnya)

Sementara bagi seorang pengantin pria, sangat dianjurkan untuk mendoakan pasangannya. Dalam sebuah riwayat disebutkan, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Jika seseorang diantara kalian menikah dengan seorang wanita atau membeli seorang hamba, maka peganglah ubun-ubunnya, lalu bacalah bismillah serta doakanlah dengan doa berkah seraya mengucapkan;

Allaahumma innii as’aluka khairahaa wa khaira maa jabaltahaa ‘alaihi, wa a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa jabaltahaa ‘alaihi

“Ya Allah, sesungguhnya aku mohon kepada-Mu kebaikannya dan kebaikan tabiatnya (wataknya). Aku juga mohon perlindungan kepada-Mu dari keburukannya serta keburukan tabiatnya (wataknya).” (shahih. HR. Abu Dawud no. 2160, Ibnu Majah no. 1918, al-Hakim II/185, al-Baihaqi VIII/148)

Inilah doa yang disunnahkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam kepada pengantin. Maka lebih baik bagi seorang muslim untuk mengucapkan doa ini bila dibandingkan dengan berbagai doa yang biasa diucapkan oleh orang kebanyakan. Selain karena doa ini diajarkan oleh orang yang paling mulia, tentu mengamalkan doa ini juga akan mendapatkan pahala karena telah mengikuti sunnah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

Referensi : Doa & Wirid, Yazid bin Abdul Qadir Jawas (Pustaka Imam Asy-Syafi’i : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *