Doa Ketika Ada Orang Lain Yang Bersin

Alomuslim.com Bersin adalah bentuk pertahanan tubuh terhadap benda asing yang masuk ke dalam hidung. Kemudian, terjadilah bersin untuk mengeluarkan benda asing tersebut dan membersihkan diri. Bersin juga bisa terjadi akibat sistem kekebalan tubuh yang merespon adanya zat-zat lain yang tertelan melalui mulut. Menurut ilmu kesehatan, menahan bersin bisa mendatangkan beberapa bahaya, mulai dari risiko patahnya tulang rawan yang ada dalam hidung, pecahnya gendang telinga hingga stroke.

Oleh sebab itu, syariat Islam sangat menganjurkan bagi seseorang yang bersin untuk mengucapkan syukur dan pujian kepada Allah, karena telah dihindarkan dari bahaya yang memungkinkan terjadi ketika menahan bersin. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam apabila bersin, beliau senantiasa mengucapkan :

اَلْحَمْدُ ِللهِ.

Alhamdulillaah “Segala puji bagi Allah” (HR. Al-Bukhari no. 6223, at-Tirmidzi no. 2747)

Ketika seorang muslim mendengar saudaranya mengucapkan Alhamdulillaah setelah bersin, maka ia harus mendoakannya, sebagaimana yang diperintahkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

Apabila ada diantara kalian bersin dan dia memuji Allah (membaca hamdalah) maka doakan dia. Dan jika dia tidak membaca hamdalah, maka jangan doakan dia.” (HR. Ahmad 19696, Muslim 2992).

Adapun doa yang harus diucapkan oleh orang yang mendengarnya adalah : يَرْحَمُكَ اللهُ Yarhamukallaahu “Semoga Allah memberikan rahmat kepadamu.” dan seseorang yang bersin harus membalas doa saudaranya tersebut dengan mendoakan : يَهْدِيْكُمُ اللهُ وَيُصْلِحُ بَالَكُمْ. Yahdiikumullaahu wa yushlihu balakum “Semoga Allah memberikan pada kalian petunjuk dan memperbaiki keadaan kalian.” (HR. Bukhari 6224)

Tetapi apabila seseorang yang bersin lebih dari tiga kali, maka tidak perlu di jawab atau di doakan untuk keadaan seperti itu. Demikian halnya ketika seseorang yang bersin tetapi sedang mendengarkan khutbah jum’at atau sedang berada dalam toilet, maka tidak perlu menjawabnya atau mendoakannya juga, karena adanya perintah untuk diam ketika mendengarkan khutbah jum’at dan larangan untuk berdzikir ketika dalam wc.

Semoga kaum muslimin dapat mengamalkan doa yang termasuk ibadah mulia ini. Allahu waliyyut taufiq.

Referensi :

  • 4 Hal Yang Menyebabkan Anda Bersin-Bersin Terus, Padahal Tidak Sdang Flu, Yusra Firdaus (Hello Sehat : 2017)
  • AdabAdab Menguap Dan Bersin, Syaikh ‘Abdul Hamid bin ‘Abdirrahman as-Suhaibani (Al Manhaj : 2014)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Comment