Doa Ketika Dilanda Bencana

doa ketika dilanda bencana

Doa Ketika Dilanda Bencana – Baru-baru ini musibah kembali menimpa masyarakat Jawa Tengah dan Yogyakarta. Gunung merapi kembali mengalami erupsi pada pukul 07.50 WIB pada  hari Jumat 11 Mei 2018.  BPBD DIY sudah memberikan peringatan agar warga yang berada di radius 5 km dari kawah merapi agar segera turun dan mengungsi.

Dalam situasi semacam ini, ada satu doa yang ma’tsur yang diajarkan oleh Rasulullah Saw agar kita terhindar dari bencana yang mematikan seperti erupsi gunung merapi tersebut. Doa yang dimaksud adalah sebagaimana dalam riwayat Abu al-Yusri dari Rasulullah Saw, berikut ini.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَدْمِ وَالتَّرَدِّي وَالْهَرَمِ وَالْغَمِّ وَالْغَرِقِ وَالْحَرِيقِ ، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ يَتَخَبَّطَنِي الشَّيْطَانُ عِنْدَ الْمَوْتِ ، وَأَنْ أُقْتَلَ فِي سَبِيلِكَ مُدْبِرًا ، وَأَنْ أَمُوتَ لَدِيغًا.

Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari material yang roboh, dari kebinasaan, kepikunan, kegelisahan, dari tenggelam dan kebakaran. Dan aku berlindung kepada-Mu dari godaan-godaan setan ketika ajal tiba dan dari terbunuh ketika lari dari berjuang di jalan-Mu, serta aku  berlindung kepada-Mu dari kematian karena sengatan.”

Hadis ini diriwayatkan dalam banyak kitab hadis. Di antaranya Sunan Abi Dawud, Sunan al-Nasa’i, Musnad Ahmad bin Hanbal, Mustadrak Imam Hakim, al-Mu’jam al-Kabir, al-Du’a, dan lain sebagainya.

Dalam riwayat lain Rasulullah Saw mengajarkan doa yang berbeda, sebagaimana riwayat ‘Ali bin Abi Thalib. Riwayat ini disebutkan dalam kitab al-Adzkar karya Imam Nawawi, sebagaimana berikut.

بِسْمِ اللهِ اْلرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِا للهِ اْلعَلِيِّ اْلعَظِيْمِ

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Tiada daya dan kekuatan (bagi kami) melainkan hanya dengan pertolongan Allah yang Maha Tinggi lagi Maha Agung.”

Demikian beberapa doa yang diajarkan oleh Rasulullah Saw ketika musibah atau marabahaya melanda. Semoga kita senantiasa dalam perlindungan Allah SWT. Amin.

Wallahu a’lam.

Sumber: Sunan Abi Dawud, Sunan al-Nasa’i, Musnad Ahmad bin Hanbal, Mustadrak Imam Hakim, al-Mu’jam al-Kabir, al-Du’a dan al-Adzkar al-Nawawiyyah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *