Doa Ketika Masuk Pasar
DASAR ISLAM, DOA DAN DZIKIR

Doa Ketika Masuk Pasar

Alomuslim.com Pasar atau pada hari ini lebih umum dikenal dengan Mall, merupakan tempat paling menyenangkan dikunjungi bagi kebanyakan orang. Sebagian dari mereka berkunjung ke mall memang ada yang dengan tujuan untuk berbelanja, atau hanya untuk sekedar “mencuci mata” dengan melihat-lihat barang untuk menyenangkan hati dan menghilangkan stress.

Tahukah anda bahwa pasar merupakan tempat paling buruk dan dibenci Allah dimuka bumi? Maka ketahuilah, bahwa sesungguhnya pasar merupakan tempat paling dibenci oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Tempat paling dicintai Allah adalah masjid dan tempat yang paling dibenci oleh Allah adalah pasar.” (HR. Muslim no. 671)

Menurut Imam An Nawawi dalam menjelaskan makna hadits tersebut, ‘Karena pasar, umumnya adalah tempat orang curang, menipu, transaksi riba, sumpah palsu, menyalahi janji, tidak ingat Allah dan aktivitas lainnya yang semakna..’ (Syarh Shahih Muslim, 5/71)

Oleh sebab itu, seorang muslim harus berlindung kepada Allah setiap kali memasuki pasar, agar dirinya terhindar dari keburukan yang ada di dalamnya. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah mengajarkan sebuah Doa ketika hendak memasuki pasar,

“Laa ilaaha illallaahu wahdahu laa syariikalahu, lahulmulku wa lahulhamdu yuhyii wa yumiitu wa huwa hayyul laa yamuutu, biyadihil khoiru, wa huwa ‘alaa kulli syaiin qadiiru”

Tidak ada ilah yang berhak untuk diibadahi dengan benar melainkan hanya Allah semata, Yang Maha Esa, yang tiada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerjaan, serta bagi-Nya egala puji. Dialah Yang Menghidupkan, dan Dia Yang Mematikan. Dia Yang Hidup, tidak akan mati. Di tangan-Nya kebaikan, sertaDialah Yang Maha Kuasa atas segala sesuatu. (hasan. HR. At Tirmidzi no. 3428, 3429, Ibnu Majah no. 2235 dan Al Hakim 1/538)

Referensi :

  • Do’a & Wirid, Yazid bin Abdul Qadir Jawas (Pustaka Imam Asy Syafi’i : 2016)
  • Hukum Jalan-Jalan di Pasar, Ammi Nur Baits

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *