Doa Melunasi Hutang

doa melunasi hutang

Doa Melunasi Hutang – Mayoritas di antara kita mungkin tidak asing lagi dengan berhutang. Ya berhutang memang mudah, namun untuk melunasinya tidak semudah yang dibayangkan. Berikut adalah beberapa doa yang diajarkan oleh Rasulullah Saw agar hutang kita terlunasi.

Doa Untuk Melunasi Hutang

beberapa di antaranya disampaikan oleh Rasulullah Saw karena mendengar curhatan sahabatnya yang dililit hutang.

  1. Riwayat Abu Sa’id al-Khudri

اللَّهُمَّ إِنِّى أَعُوذُ بِكَ مِنَ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

Dari Abu Sa’id al-Khudri… Rasulullah Saw bersabda, ketika tiba waktu pagi dan tiba waktu sore berdoalah: “Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kegundahan dan kesedihan, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan, aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut dan kebakhilan, dan aku berlindung kepada-Mu dari lilitan hutang dan paksaan orang lain.” (HR. Abu Dawud)

[su_quote]Baca Juga : Doa Meminta Jodoh Yang Baik[/su_quote]

  1. Riwayat ‘Amr bin al-‘Ash

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَغَلَبَةِ الْعَدُوِّ وَشَمَاتَةِ الأَعْدَاءِ

Dari ‘Amr bin al-‘Ash, Rasulullah Saw bersabda: “..Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari lilitan hutang, dari tekanan musuh dan celaan musuh-musuh.”

  1. Riwayat Ibn ‘Abbas

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدِّينِ وَغَلَبَةِ الْعَدُوِّ، وَمِنْ بَوَارِ الأَيِّمِ، وَفِتْنَةِ الدَّجَّالِ

Dari Ibn ‘Abbas, Rasulullah Saw bersabda: “Ya Allah sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari lilitan hutang, dari tekanan musuh, dan dari menjadi perempuan yang tak laku-laku, dan dari fitnah Dajjal al-Masih.” (HR. Thabrani)

Demikianlah beberapa doa yang diajarkan oleh Rasulullah Saw kepada sahabat-sahabatnya. Semoga dengan senantiasa membacanya, hutang-hutang kita segera terlunasi dan hidup kita semakin tenteram. Amin Ya Rabbal ‘Alamin.

Sumber: Sunan Abi Dawud, Sunan al-Nasa’i, dan al-Mu’jam al-Kabir.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *