Doa Memohon Dicukupkan Rezeki Yang Halal
DOA DAN DZIKIR

Doa Memohon Dicukupkan Rezeki Yang Halal, Qana’ah Dan Keberkahan

Alomuslim.com – Merupakan hal yang sangat manusia apabila setiap kali berdoa kebanyakan kaum muslimin ingin memohon diberikan rezeki yang banyak, bahkan sebagian besar dari doa yang mereka panjatkan adalah doa memohon diberikan kekayaan dan kenikmatan hidup. Sebagian besar kaum muslimin merasa tidak puas dengan apa yang sudah mereka miliki, mereka selalu merasa kurang dan menginginkannya lebih banyak lagi.

Ketamakan telah menguasai hati kebanyakan kaum muslimin, mereka haus akan kekuasaan dan kekayaan, merasa tidak puas terhadap yang sudah dimiliki, bahkan mereka sudah tidak lagi berharap keberkahan atas harta yang mereka miliki, pokoknya mereka inginkan rezeki yang melimpah tidak peduli halal atau haram.

Sungguh kita harus berlindung dari sikap yang demikian. Sebagai seorang muslim kita harus bersikap qana’ah yakni, menerima dan ridha serta merasa puas atas rezeki yang dikaruniakan Allah. Sebagai seorang muslim kita harus mengutamakan rezeki yang halal dan menjauhi yang haram. Mendahulukan keberkahan atas harta yang dimiliki daripada menumpuk-numpuk kekayaan tetapi tidak membawa keberkahan.

Maka amalkanlah doa yang telah diajarkan Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam berikut ini, agar kita menjadi qana’ah dan mendapatkan keberkahan dari apa yang kita miliki :

Allaahumma qani’nii bimaa razaqtanii, wa baariklii fiihi, wakhluf ‘alaa kulli ghaa’ibatin lii bikhair.

“Ya Allah, jadikanlah aku merasa qana’ah terhadap apa-apa yang telah Engkau rezekikan kepadaku, dan berikan keberkahan kepadaku di dalamnya serta gantikanlah bagiku semua yang hilang dariku dengan yang lebih baik.” (shahih. HR. Al-Hakim I/510)

Semoga Allah berikan sesuai dengan dao yang kita panjatkan. Allaahumma aamiin.

Referensi : Do’a & Wiris, Yazid bin Abdul Qadir Jawas (Pustaka Imam Asy-Syafi’i : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *