doa mengenakan pakaian
DASAR ISLAM, DOA DAN DZIKIR

Doa Mengenakan Pakaian

Doa Mengenakan Pakaian – Islam mengajarkan umatnya untuk senantiasa berdoa dan mengaharapkan segala kebaikan untuk dirinya sendiri dan orang lain. Kepada siapa doa tersebut ditujukan tidak lain adalah kepada Allah SWT, Sang Pencipta.

Dalam berpakaian pun Rasulullah Saw mengajarkan umatnya untuk senantiasa berdoa. Hal ini dicontohkan oleh Rasulullah Saw secara langsung ketika beliau mengenakannya.Diambil dari kitab al-Adzkar, Imam Nawawi menghadirkan beberapa riwayat seputar etika dan doa mengenakan pakaian, sebagaimana berikut:

1. Menyebut Jenis Pakiannya Dan Berdoa.

أن النبي صلى الله عليه وسلم كان إذا لبس ثوبا [ سماه باسمه ] قميصا أو رداء أو عمامة يقول : اَللَّهُمَّ إِنِّي أَسْأَلُكَ مِنْ خَيْرِهِ وَخَيْرِ مَا هُوَلَهُ، وَأَعُوْذُ بِكَ مِنْ شَرِّهِ وَشَرِّ مَا هُوَ لَهُ.

Dari Abu Sa’id al-Khudri menceritakan bahwa Nabi Saw apabila mengenakan pakaiannya, beliau menyebut nama pakainnya, -seperti gamis, selendang, atau surban- kemudian beliau berdoa: “Ya Allah sesungguhnya aku meminta kepada-Mu kebaikan pakaian ini dan yang ada padanya, dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan yang ada padanya.”

Riwayat ini dapat juga dijumpai dalam beberapa kitab hadis lain seperti Sunan al-Tirmidzi, Musnad Ahmad, Shahih Ibn Hibban dan lain sebagainya.

2. Bersyukur Dengan Pakaian Baru

من لبس ثوبا جديدا فقال : اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ كَسَانِيْ هَذَا وَرَزَقَنِهِ مِنْ غَيْرِ حَوْلٍ مِنِّيْ وَلَا قُوَّةٍ ، غفر الله له ما تقدم من ذنبه.

Diriwayatkan dari Mu’adz bin Anas, Rasulullah Saw menyebutkan bahwa barangsiapa yang mengenakan pakaian baru dan berdoa: “Segala puji bagi Allah yang telah memberikanku pakaian ini dan yang telah memberikan rezeki pakaian ini dengan daya dan kekuatan yang bukan dariku.” Dengan begitu maka Allah akan mengampuni dosa-dosa (kecilnya) yang telah lalu.

Riwayat ini juga banyak dijumpai dalam kitab-kitab hadis lain seperti Sunan Abi Dawud, Sunan al-Tirmidzi, Sunan Ibn Majah, dan beberapa kitab lain.

Demikian sekelumit informasi terkait etika mengenakan pakaian. Semoga bermanfaat.

Wallahu a’lam.

Sumber: Al-Adzkar al-Nawawiyyah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *