Doa Saat Menghadapi Kesulitan

Alomuslim.com – Setiap manusia yang hidup pasti mengalami yang namanya kesulitan. Meskipun ia seorang yang paling shalih sekalipun, pasti mengalami kesulitan. Demikian pula dengan orang yang paling kaya, yang hidupnya dimata orang-orang penuh dengan kemudahan, pasti mengalami kesulitan. Siapa manusia di muka bumi ini yang terbebas dari kesulitan? Tidak ada.

Hakikat diturunkannya berbagai kesulitan kepada setiap manusia adalah sebagai ujian keimanan serta menyadarkan manusia bahwasanya mereka hanya makhluk yang kecil, lemah dan tidak memiliki kekuatan sedikitpun sehingga membutuhkan sesuatu yang lebih besar dan lebih kuat untuk menyelesaikan setiap kesulitan mereka.

Oleh sebab itu Allah turunkan kesulitan kepada manusia agar mereka mau merendahkan diri dihadapan-Nya, bersimpuh berdoa dan memohon untuk diangkat kesulitan darinya. Maka bagi anda yang tengah menghadapi kesulitan, hendaknya kembali kepada Allah, memohon serta hanya berdoa kepada-Nya, karena tiada daya dan upaya melainkan atas kehendak Allah.

Inilah doa yang bisa anda baca ketika sedang mengalami kesulitan :

اَللَّهُمَّ لا سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَ أَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allaahumma laa sahla illaa maa ja’altahu sahlan wa anta taj’alul hazna idzaa syi’ta sahlan

“Ya Allah, tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedangkan yang susah dapat Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya.” (shahih. HR. Ibnu Hibban no. 970, 2427 dan Ibnu Sunni no. 351)

Itulah doa yang bisa anda amalkan ketika mengalami kesulitan. Jangan anda meninggalkannya atau malah berpaling kepada manusia, kepada teknologi atau kepada keyakinan-keyakinan tahayul untuk memohon diangkatnya kesulitan tersebut. Sungguh, tiada daya dan upaya melainkan atas kehendak Allah.

Referensi :

  • Doa & Wirid, Yazid bin Abdul Qadir Jawas (Pustaka Imam Asy-Syafi’i : 2016)
  • Doa Ketika Menghadapi Kesulitan Dan Terjemahannya, Doa Muslim

Leave a Comment