Doa Seputar Hujan
DASAR ISLAM, DOA DAN DZIKIR

Inilah Beberapa Doa Seputar Hujan

Alomuslim.com – Sebagian manusia kadang suka mengeluh dan mengucapkan kalimat bernada kecewa ketika hujan turun. Padahal sejatinya hujan adalah rahmat yang Allah turunkan untuk seluruh makhluk yang ada di bumi. Sebagai bentuk rahmat-Nya, Allah jadikan ketika hujan turun sebagai salah satu waktu diijabahnya doa. Namun itulah manusia, mereka sangat sedikit bersyukur dan lebih banyak mengeluh.

Apabila kita mau menggali ajaran Islam lebih dalam, kita akan mendapati bahwa Islam merupakan sebuah agama yang mengajarkan bagaimana agar umatnya menjadi hamba yang bersyukur

Doa Seputar Hujan

Termasuk ketika mendapati hujan, sebagai umat Islam, kita harus mensyukurinya, dengan memanjatkan doa yang pernah diajarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi was sallam, berikut beberapa doanya :

1.  Doa Ketika Turun Hujan

Allaahumma shoyyiban naafiaan

“Ya Allah, turunkan hujan yang bermanfaat (untuk makhluk hidup : manusia, tumbuhan, dan binatang)” (HR. Bukhari no. 1032)

2. Doa Setelah Turun Hujan

Muthirnaa bifadhlillaahi wa rahmatihi

“Kita diberi hujan (dari langit) karena karunia dan rahmat Allah.” (HR. Bukhari no. 846, 1038, Muslim no. 71)

3. Doa Agar Hujan Segera Berhenti

Allaahumma hawaalainaa wa laa ‘alainaa, Allaahumma ‘alaal aakaami wazh zhiraabi, wa buthuunil awdiyati wa manaa batisy syajara

“Ya Allah, turunkanlah hujan disekitar kami, bukan yang untuk merusak kami. Ya Allah, turunkanlah hujan ke dataran tinggi, sebagian anak bukit, perut lembah, dan beberapa tanah yang menumbuhkan pepohonan.” (HR. Bukhari no. 1013, 1014, Muslim no. 897)

4. Dzikir Ketika Mendengar Suara Halilintar

Subhaanalladzii yusabbihur ra’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatihi

“Mahasuci Allah yang halilintar bertasbih dengan memuji-Nya, seperti halnya para Malaikat, karena takut kepada-Nya.” (HR. Bukhari no. 723, Al Baihaqi III/362)

Semoga dengan mengetahui beberapa doa dan dzikir seputar hujan, kita tidak lagi mengucapkan kalimat yang bernada kecewa atau tidak senang dengan turunnya hujan, dan semoga Allah mudahkan kita agar bisa mengamalkannya. Allahumma aamiin.

Referensi : Doa & Wirid, Yazid bin Abdul Qadir Jawas (Pustaka Imam Asy Syafi’i : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *