Doa Untuk Orang Yang Berbuat Baik
DASAR ISLAM, DOA DAN DZIKIR

Doa Untuk Orang Yang Berbuat Baik Kepada Anda

Alomuslim.com – Doa Untuk Orang Yang Berbuat Baik, Pernahkah anda mendoakan orang yang telah memberikan bantuan atau berbuat baik kepada anda? Atau mendoakan orang yang memberikan sebagian hartanya kepada anda? Kalau anda belum pernah melakukannya, maka perhatikanlah beberapa doa singkat berikut, yang harus anda ucapkan kepada orang yang berbuat baik atau memberikan harta kepada anda :

جَزَا ك الله خَيْرًا

Jazaakallaahu khairan

“Semoga Allah membalasmu dengan sesuatu yang lebih baik.” (shahih. HR. At-Tirmidzi no. 2035, An-Nasa’i no. 180, Ibnu Hibban no. 3404)

Atau boleh juga dengan mengucapkan :

بَارَكَ اللّٰهُ لَكَ فِىْ اَهْلِكَ وَمَالِكَ

Baarakallaahu laka fii ahlika wa maalika

“Semoga Allah memberkahi kamu, keluargamu dan hartamu.” (HR. Bukhari)

Apabila doa tersebut ingin disampaikan kepada wanita, maka ucapkan Jazaakillahu khairan atau Baarakallahu laki fii ahliki wa maaliki’.

Maka ini adalah sebaik-baik ucapan yang harus diucapkan oleh seorang muslim kepada seseorang yang berbuat baik atau memberi harta kepadanya. Tetapi jangan mengucapkan doa ini kepada orang non muslim yang memberikan bantuan kepada anda, karena mereka tidak pantas untuk mendapatkan doa kebaikan ini. Adapun doa yang paling pantas dipanjatkan atas mereka adalah doa agar Allah memberikan mereka hidayah Islam atau cukuplah ucapkan terima kasih atas kebaikan mereka.

Referensi : Doa & Wirid, Yazid bin Abdul Qadir Jawas (Pustaka Imam Asy-Syafi’i : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *