Doa Untuk Orang Yang Memberi Makanan
DASAR ISLAM, DOA DAN DZIKIR

Doa Untuk Orang Yang Memberi Makanan

Alomuslim.com – Diantara kita mungkin pernah ditraktir makanan dan minuman oleh teman atau seseorang yang dikenal. Atau mungkin diantara kita juga pernah diajak makan di rumah orangtua, saudara, teman, rekan bisnis atau yang lainnya. Pernahkah anda mendoakan mereka, setelah apa yang mereka berikan kepada anda?

Mungkin sebagian diantara kita mendoakan hanya dengan bahasa yang kita bisa atau mengerti saja, atau mungkin cukup dengan sekedar mengucapkan terima kasih kepada mereka yang memberikan kita makanan.

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam pernah mengajarkan kepada sahabat dan umatnya tentang doa kepada orang yang memberi makan atau mengajak makan di rumahnya. Sungguh sebaik-baik petunjuk dan contoh adalah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam.

Oleh sebab itu setiap muslim harus mengetahui dan menghafal doa itu agar dapat diamalkan.Berikut doanya :

1. Doa bagi seseorang yang memberi makan dan minum

“Allaahumma ath’im man ath’amanii wasqi man saqaanii”

Ya Allah, berikanlah makan kepada orang yang memberi makan kepadaku dan berikanlah minum kepada orang yang memberi minum kepadaku.(HR. Muslim no. 2055, Ahmad VI/2)

2. Doa tamu kepada tuan rumah yang menghidangkan makanan

“Allahumma baariklahum fiimaa rozaqtahum, waghfirlahum warhamhum”

Ya Allah, berikanlah berkah terhadap apa yang Engkau rezekikan kepada mereka, ampunilah mereka dan rahmatilah mereka. (HR. Muslim no. 2042, At Tirmidzi no. 3576, Abu Dawud no. 3729)

Referensi :Doa & Wirid, Yazid bin Abdul Qadir Jawas (Pustaka Imam Asy Syafi’i : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *