Dosa Besar Tidak Membayar Zakat

dosa besar tidak membayar zakat

Dosa Besar Tidak Membayar Zakat – Zakat merupakan kewajiban yang diperintahkan Allah kepada setiap muslim yang memiliki harta yang telah mencapai nishab dengan syarat-syarat tertentu.

Allah ﷻ telah mewajibkan zakat dalam kitabNya dengan FirmanNya :

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ أَنفِقُواْ مِن طَيِّبَٰتِ مَا كَسَبۡتُمۡ وَمِمَّآ أَخۡرَجۡنَا لَكُم مِّنَ ٱلۡأَرۡضِۖ… ٢٦٧

Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan Allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untukmu.” (QS. Al Baqarah : 267)

Al Imam Al Hafizh Adz Dzahabi, dalam kitabnya Al Kaba’ir, beliau menuliskan bahwa tidak membayar zakat merupakan salah satu dosa besar. Beliau membawakan beberapa hadits diantaranya hadits dari Rasulullah ﷺ tentang orang-orang yang tidak mau membayar zakat.

Barangsiapa yang tidak mau membayarnya (zakat), maka kami akan mengambilnya dan setengah dari hartanya; sebagai suatu kewajiban yang ditegaskan dari kewajiban-kewajiban yang ditegaskan Rabb kita.” (HR. Abu Dawud No. 1575, an Nasa’i 5/15, Ahmad 5/2)

Pada masa pemerintahan khalifah pertama Abu Bakar radhiallahu anhu, beliau telah memerangi orang-orang yang tidak mau membayar zakat, dan beliau berkata :

Demi Allah, kalau mereka mencegahku (memungut zakat) seekor anak betina domba (sekalipun) yang dulu mereka bayar kepada Rasulullah , niscaya akan saya perangi mereka karena tidak mau membayarnya.” (HR. Bukhari No. 1400, Muslim No. 20)

Sungguh sangat berat perkara melalaikan kewajiban zakat ini.

Wallahu ‘alam.

Referensi :

  • 76 Dosa Besar, Al Imam Al Hafizh Adz Dzahabi (Darul Haq : 2016)
  • Minhajul Muslim, Syaikh Abu Bakar Jabir al Jaza’iri (Darul Haq : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *