Dosa Karena Pelanggaran Lalu Lintas

Alomuslim.com – Apabila kita menyaksikan keadaan jalanan di beberapa kota besar di Indonesia, rasanya kita sudah sangat terbiasa dengan yang namanya kemacetan. Terutama di pagi hari pada saat jam orang-orang berangkat kerja dan sore hari ketika orang-orang pulang kerja hingga menjelang malam. Jelas kemacetan ini memiliki banyak sebab, salah satu diantaranya adalah banyaknya pelanggaran lalu lintas yang dilakukan oleh para pengendara dan pengguna jalan lainnya.

Untuk sebab yang satu ini, pemerintah melalui lembaga terkait telah menerbitkan berbagai peraturan agar bisa mengurangi tingkat kemacetan di jalan, yang tertuang dalam peraturan lalu lintas. Untuk meyakinkan para pengendara dan pengguna jalan bahwa pemerintah serius untuk mengatasi masalah kemacetan ini, maka dibuatlah sanksi-sanksi atas setiap pelanggaran yang dilakukan dan diharapkan dapat memberikan efek jera bagi para pelanggarnya.

Namun sayang, semua itu tidak berjalan sebagaimana yang diharapkan. Pelanggaran lalu lintas tetap tinggi karena kurangnya pengawasan oleh petugas di jalan-jalan. Para pengendara seolah mengabaikan dan menolak untuk taat terhadap peraturan lalu lintas yang ada karena mereka tahu tidak diawasi oleh petugas, sehingga mereka tidak ragu untuk melanggar. Tetapi sesungguhnya, dalam setiap pelanggaran lalu lintas yang mereka perbuat itu di saksikan Allah Subhanahu wa Ta’ala dan mereka harus bersiap menanggungnya di hadapan Allah kelak.

Melanggar peraturan lalu lintas termasuk dalam perbuatan melanggar hukum yang dibuat pemerintah, sementara Allah telah memerintahkan kepada orang-orang beriman untuk taat kepada pemerintah, termasuk dalam hal hukum. Allah berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ أَطِيْعُواْ اللّهَ وَأَطِيْعُواْ الرَّسُولَ وَأُوْلِيْ الْأَمْرِ مِنْكُمْ

“Wahai orang-orang yang beriman! Taatlah kepada Allah dan taatlah kepada Rasul, serta ulil amri di antara kalian..” (QS. An-Nisa : 59)

Adapun ulil amri yang disebutkan pada ayat di atas, para ulama menafsirkannya sebagai pemimpin kaum atau wilayah, semisal pemerintah atau presiden. Adapun ketaatan yang harus dijalani adalah pada perkara yang bukan maksiat. Dalam hal peraturan lalu lintas, peraturan yang ditetapkan pemerintah tersebut bertujuan untuk menjaga kemaslahatan dan menghindari bahaya serta kerugian bagi orang banyak.

Maka dengan dalil ayat tersebut wajib bagi seorang muslim untuk taat kepada peraturan pemerintah dalam rangka mentaati perintah Allah. Jika melanggarnya, berarti kita telah bersikap tidak taat dan melanggar perintah Allah. Bukankah hal itu akan berdosa?

Selain menyebabkan kemacetan, pelanggaran lalu lintas juga memunculkan bahaya. Sebagian besar pelanggaran lalu lintas paling tidak akan membahayakan diri si pengendara sendiri dan lebih buruknya dia akan membahayakan dan merugikan orang lain. Misalnya, menerobos lampu merah, pengendara motor yang masuk ke jalur pejalan kaki dan kendaraan yang melaju dari arah berlawanan arus serta banyak lainnya. Dalam hal ini, Rasûlullâh shallallahu ‘alaihi wa sallam telah memperingati :

“Tidak boleh melakukan sesuatu yang membahayakan diri sendiri dan orang lain” (HR. Ahmad 1/313, Ibnu Majah 2341, Ath-Thabrani 11806)

Haram hukumnya bagi seorang muslim membahayakan diri sendiri dan orang lain, apalagi terhadap saudaranya sesama muslim. Masuk dalam larangan ini juga adalah tidak boleh melakukan perbuatan yang merugikan orang lain. Dan inilah bentuk dosa yang berikutnya. Ditambah lagi kalau pelanggaran yang dilakukannya sampai menyebabkan terjadinya kecelakaan, maka dosanya akan bertambah besar.

Mau bagaimana lagi? Masihkah Anda berpikir untuk berani melanggar peraturan lalu lintas? Allah telah memerintahkan untuk taat kepada pemerintah serta Rasulullah telah melarang untuk membahayakan diri sendiri dan orang lain, beranikah Anda menolak taat dengan Allah dan Rasul-Nya? Wallahu waliyyut taufiq.

Referensi :

  • Hukum Melanggar Peraturan Lalu Lintas, Isruwanti Ummu Nashifa (Muslimah : 2018)
  • Kaidah 15 : Tidak Boleh Melakukan Sesuatu Yang Membahayakan, Khâlid bin ‘Ali bin Muhammad al-Musyaiqih (Al Manhaj : 2009)
  • Haram Seorang Muslim Melanggar Peraturan Lalu Lintas, video singkat Khalid Basalamah, MA (Golongan Kanan Youtube Channel : 2016)

Leave a Comment