Dua Pertanda Hari Kiamat

Alomuslim.com Dua Pertanda Hari Kiamat Ada beberapa istilah yang mesti dipahami berkaitan dengan pembahasan tanda-tanda hari kiamat. Beberapa istilah yang terdapat dalam Al Qur’an dan hadits Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam ketika mengabarkan tentang peristiwa tersebut diantaranya yaitu al asyrath, al amarat, al ayat, la taqum as sa’ah, al fitan dan al malahin.

Beberapa istilah tersebut kemudian mengerucut pada dua bagian yakni pertanda Sughra dan pertanda Kubra. Kedua pembagian ini bukanlah berasal dari Nabi shallallahu alaihi wa sallam, tetapi datang dari para ulama. Pembagian ini dipergunakan untuk menunjukkan semua peristiwa dan pertanda hari kiamat yang dikabarkan oleh Rasulullah .

Inilah Dua Pertanda Hari Kiamat

1. Pertanda Sughra

Digunakan untuk mengelompokkan peristiwa-peristiwa kecil yang terjadi sebelum peristiwa yang paling besar dan benar-benar akan terjadi untuk menunjukkan dekatnya kedatangan hari kiamat. Atau setidaknya, tanda-tanda ini menunjukkan bahwa hari kiamat masih sedikit agak jauh. Banyak peristiwa atau kejadian yang termasuk dalam pertanda sughra ini, baik yang sudah terjadi maupun belum terjadi berdasarkan apa yang pernah Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam kabarkan.

Diantara peristiwa yang telah terjadi yakni, dimulai dengan terutusnya Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Kemudian beberapa peristiwa setelahnya seperti, terbelahnya bulan, munculnya para pendusta yang mengaku sebagai nabi, wafatnya Nabi , penaklukan Baitul Maqdis serta wabah yang menimpa para sahabat. Itu merupakan beberapa peristiwa pertanda yang terjadi pada masa awal-awal islam.

Pertanda ini tidak berhenti hanya pada masa tersebut, ia akan menjadi sebuah rangkaian peristiwa yang terus terjadi hingga hari kiamat. Hal ini untuk menunjukkan kebenaran wahyu atas apa yang telah disampaikan oleh Rasulullah .

Beberapa peristiwa yang bisa kita saksikan pada masa sekarang ini, yang menjadi pertanda hari kiamat yang sangat jelas, diantaranya pembangunan gedung-gedung pencakar langit khususnya di kawasan Arab. Dalam sabdanya Rasulullah  mengabarkan :

“Dan engkau akan melihat para penggembala kambing yang telanjang kaki dan dada lagi miskin berlomba-lomba meninggikan bangunan.” (HR. Muslim no. 8)

Dalam riwayat yang lain disebutkan,

“Dan jika engkau melihat penggembala ternak yang berlomba-lomba meninggikan bangunan maka itulah diantara tanda hari kiamat.” (HR. Muslim no. 9)

Pertanda ini bisa disaksikan secara langsung oleh seluruh kaum muslimin. Betapa perubahan yang sangat cepat terjadi di beberapa negara Arab, dari keadaan penduduknya yang sebelumnya sebagai penggembala dan miskin, sekarang berubah menjadi kaya raya dan glamour, yang senang berlomba-lomba membangun gedung yang tinggi. Serta masih banyak pertanda lainnya yang bisa disaksikan pada hari ini, semisal merajalelanya perzinaan, penghalalan khamr (minuman keras) dengan merubah penyebutannya dan juga istri yang membantu suaminya berdagang.

2. Pertanda Kubra

Yang dimaksud dengan pertanda kubra yaitu perkara-perkara besar yang sama sekali tidak diperselisihkan tentang kejadiannya sebelum terjadinya kiamat. Peristiwa-peristiwa yang akan terjadi merupakan perkara yang sangat luar biasa yang menunjukkan telah sangat dekat datangnya hari kiamat.

Beberapa kejadian dari pertanda kubra, mencakup 10 peristiwa yang pernah disampaikan oleh Rasulullah kepada para sahabatnya. Hal ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan dari Hudzaifah bin Asid al Ghifari radhiallahu anhu, secara ringkasnya, tanda-tanda tersebut yaitu :

(1) pembenaman di Timur, (2) pembenaman di Barat, (3) pembenaman di Jazirah Arab, (4) asap (dukhan), (5) Dajjal, (6) binatang bumi, (7) Ya’juj dan Ma’juj, (8) terbitnya matahari dari tempat keluarnya (barat), (9) dan api yang keluar dari jurang aden (Yaman), (10) serta peristiwa turunya Nabi Isa bin Maryam ke bumi atau angin yang mencampakkan manusia ke lautan. (HR. Muslim no. 2901)

Baca Juga : 40 Tanda Kiamat Kecil dan Besar Menurut Alquran

Seluruh peristiwa tersebut tidak diketahui secara pasti kejadiannya, kapan waktunya, apakah berurutan sesuai dengan penyebutannya atau tidak. Para ulama dan manusia pada umumnya hanya bisa menerka-nerka saja tanpa bisa memastikan. Ia akan selalu menjadi misteri bagi manusia, tetapi yang pasti tanda-tanda tersebut merupakan peristiwa keseluruhan yang akan terjadi menjelang hari kiamat.

Sesungguhnya kebenaran hanya datang dari sisi Allah subhanahu wa ta’ala. Dan hanya Dia-lah yang Maha Mengetahui segala yang ghaib. Sebagai umat muslim, kita hanya wajib mengimani dan membenarkan apa yang telah disampaikan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Wallahu Ta’ala ‘Alam.

Referensi : Ensiklopedi Akhir Zaman, Dr. Muhammad Ahmad Al Mubayyadh (Granada Mediatama : 2016)

Home

Prayers

Quran

Do'a

Qiblat