Dznun Al Misri & Kalajengking – Alomuslim

Dznun Al Misri & Kalajengking

Dznun Al Misri & Kalajengking – Dzanun Al Misri lahir di Akhwim Mesir pada tahun 155H, dia adalah seorang sufi yang sangat terkenal pada zamannya namun ia adalah seorang yang baik hati dan tidak sombong. Ia memiliki semangat yang tinggi dalam menuntut ilmu tak jarang ia bepergian ke tempat tempat baru untuk menuntut ilmu.

Pernah satu ketika ia pergi memancing bersama putrinya, ketika ia sudah mendapatkan ikan yang cukup besar, sang putrinya justru melepaskan kembali ikan yang mereka dapatkan, ketika putrinya ditanya mengapa ia melepasakan ikannya, putri nya menjawab “Aku melihat muluti ikan itu bergerak gerak, ikan itu pasti sedang ber zikir kepada Allah, jadi aku tak mau memakan apapun yang sedang berzikir kepada Allah” hingga Dzanun pun mengambil hikmah dari kejadian tersebut yang mengajarkannya kesabaran dan tawakal.

Kisah Dzanun dan Kalajengking bermula ketika Dzanun sedang berjalan menyusuri sungai nil, tiba tiba ia melihat seekor kalajengking berjalan ke arahnya. Dzanun pun merasa ketakutan sehingga ia mencoba menghindari kalajengking sambll terus berdoa dan memohon perlindungan ALlah SWT. Ajaib sekali kalajengking itu tidak mengindahkan Dzanun dan terus berjalan menyusuri sungai nil.

Tiba tiba timbul rasa penasaran dalam hati Dzanun, ia merasa bahwa kalajengking ini akan memperlihatkan sebuah Ilmu dari Allah, sehingga ia memutuskan untuk mengikuti kalajengking tersebut.

Kalajengking itu terus bergerak dan tiba disatu tempat di pinggiran sungai nil yang ternyata disana ada seseorang yang sedang tertidur, kalajengking itu terus mendekati orang tersebut sementara orang itu tetap teritudur dengan lelap. Dzanun menjadi panik dan berusaha membangunkan orang itu namun ia menemukan kendi arak disebelah orag tersebut sehingga tahu kah Dzanun bahwa orang itu sedang dalam keadaan mabuk. sehingga Dzanun pun berpasrah dan memalingkan mukanya karena tidak tega melihat pemuda itu tersengat kalajengking.

Dzanun mencuri pandang kearah pemuda yang masih terlelap itu, ia melihat ada seekor ular juga yang mendekati pemuda itu, semakin bingung lah Dzanun, Ular itu sudah bersiap mematuk si pemuda namun kalajengking yang sejak tadi ada disitu malah menyerang si ular, mereka bertarung dan ular akhirnya mengalami kekalahan dan mati tersengat kalajengking

Dzanun yang melihat kejadian tersebut merasakan kebesaran Allah, sehingga ia pun berucap Subhanaallah, ketika si pemuda bangun ia merasa kaget karena bankai ular diatas tubuhnya, Dzanun pun menjelaskan kejadian yang ia lihat dan berkata “Allah masih melindungimu dengan mengirim makhluknya yaitu kalajengking namun mengapa engkau masih tenggelam dalam perbuatan yang tidak disukai Tuhanmu?”

Pemuda itu pun merasa malu dan bersalah, kemudian ia menyatakn keinginannya untuk bertobat dia memohon pada Dzanun untuk membimbing dan mengajarinya. Dzanun pun setuju dan pemuda itu menjadi murid dzanun yang setia dan selalu berusaha berbuat kebaikan disepanjang hidupnya.

Sumber

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *