Inilah Gambaran Tentang Keadaan Neraka

gambaran tentang keadaan neraka

Inilah Gambaran Tentang Keadaan Neraka – Seorang muslim beriman bahwasanya kehidupan dunia ini mempunyai saat-saat dimana ia akan berakhir dan mempunyai hari terakhir yang tiada hari sesudahnya. Kemudian datanglah kehidupan yang berikutnya untuk kehidupan akhirat.

Pada saat itu Allah membangkitkan kembali segenap makhluk dan penghimpunan mereka semua untuk diadakan perhitungan. Dimana orang-orang yang shalih aka diberi balasan kenikmatan abadi di dalam Surga. Sedangkan orang-orang yang durhaka (penuh dosa) diganjar dengan azab dan siksaan menghinakan di dalam Neraka.

Beberapa Gambaran Tentang Keadaan Neraka

Neraka digambarkan sebagai tempat paling menakutkan, penuh dengan keburukan serta siksaan yang tidak berperi. Berikut beberapa gambaran mengenai Neraka :

1. Memiliki Tujuh Pintu

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman :

لَهَا سَبۡعَةُ أَبۡوَٰبٖ لِّكُلِّ بَابٖ مِّنۡهُمۡ جُزۡءٞ مَّقۡسُومٌ ٤٤

“Jahannam itu memiliki tujuh pintu. Tiap-tiap pintu (telah ditetapkan) untuk golongan tertentu dari mereka.” (QS. Al Hijr : 44)

Dari Utbah bin Abdi Salam radhiallahu anhu, dia menceritakan, aku mendengar Rasulullah  bersabda :

“Surga itu mempunyai delapan pintu, dan Neraka mempunyai tujuh pintu.” (HR. Ahmad)

2. Panas Api Yang Luar Biasa

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman :

إِنَّهَا تَرۡمِي بِشَرَرٖ كَٱلۡقَصۡرِ ٣٢

“Sesungguhnya neraka itu melontarkan bunga api sebesar dan setinggi istana.” (QS. Al Mursalat : 32)

Abu Hurairah radhiallahu anhu meriwayatkan sabda Nabi :

“Api kalian ini, yang dinyalakan Bani Adam, hanyalah satu bagian dari 70 bagian api jahannam.” Mereka mengatakan, “Demi Allah, satu bagian saja sudah cukup.” Beliau bersabda, “Sesungguhnya ia dilebihkan atasnya 69 bagian. Semuanya seperti itu panasnya.” (HR. Bukhari 6/330, Muslim 17/179)

3. Berwarna Hitam Pekat

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman :

وَتَرَى ٱلۡمُجۡرِمِينَ يَوۡمَئِذٖ مُّقَرَّنِينَ فِي ٱلۡأَصۡفَادِ ٤٩ سَرَابِيلُهُم مِّن قَطِرَانٖ وَتَغۡشَىٰ وُجُوهَهُمُ ٱلنَّارُ ٥٠

“Dan kamu akan melihat orang-orang yang berdosa pada hari itu diikat bersama-sama dengan belenggu. Pakaian mereka adalah dari pelangkin dan muka mereka ditutup oleh api neraka.” (QS. Ibrahim : 49-50)

Abu Hurairah radhiallahu anhu pernah berkata :

“Neraka telah dinyalakan selama seribu tahun sehingga menjadi merah, kemudian dinyalakan selama seribu tahun sehingga menjadi putih, kemudian dinyalakan selama seribu tahun sehingga menjadi hitam ; ia hitam seperti malam yang gelap.” (HR. Tirmidzi 4/111)

Dalam riwayat yang lain :

[su_quote]“Apakah kalian menyangka neraka itu merah seperti api kalian ini? Sungguh ia lebih hitam daripada pelangkin.” (HR, Malik 2/994)[/su_quote]

4. Memiliki Lembah Yang Sangat Dalam

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman :

۞فَخَلَفَ مِنۢ بَعۡدِهِمۡ خَلۡفٌ أَضَاعُواْ ٱلصَّلَوٰةَ وَٱتَّبَعُواْ ٱلشَّهَوَٰتِۖ فَسَوۡفَ يَلۡقَوۡنَ غَيًّا ٥٩

“Maka datanglah sesudah mereka, pengganti (yang jelek) yang menyia-nyiakan shalat dan memperturutkan hawa nafsunya, maka kelak mereka akan menemui kesesatan.” (QS. Maryam : 59)

Abdullah bin Mas’ud radhiallahu anhu menjelaskan tentang firman Allah Subhanahu Wa Ta’ala :

“Maka kelak mereka akan menemui kesesatan.” Yakni, sebuah lembah di Neraka Jahannam yang sangat dalam dasarnya, sangat busuk rasanya.” (Tafsir Ibnu Katsir 3/128)

Ali radhiallahu anhu meriwayatkan sabda Rasulullah  :

“Berlindunglah kepada Allah dari lembah Al-Hazan”, Ditanyakan, ‘Wahai Rasulullah, apakah lembah Al-Hazan itu?’ Beliau menjawab, ‘Sebuah lembah di Neraka Jahannam, yang Neraka Jahannam sendiri berlindung darinya 70 kali setiap harinya. Ia disediakan oleh Allah untuk pembaca Al Qur’an yang riya’.” (HR. AL Baihaqi 6/244)

5. Keraknya Sedalam 70 Tahun

Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman :

إِنَّ ٱلۡمُنَٰفِقِينَ فِي ٱلدَّرۡكِ ٱلۡأَسۡفَلِ مِنَ ٱلنَّارِ ١٤٥

“Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari Neraka.” (QS. An Nisa : 145)

Abu Hurairah radhiallahu anhu menceritakan, kami tengah berada disisi Nabi. Lalu kami mendengar suara gemuruh. Maka Nabi  bertanya, ‘Tahukah kalian suara apa ini?’ kami menjawab, ‘Allah dan Rasul-Nya yang lebih tahu.’ Beliau menjawab, ‘Ini adalah batu yang dikirimkan Allah ke dalam Neraka Jahannam sejak 70 musim. Dan kini ia sampai di dasarnya’.” (HR. Muslim : 17/179)

Wallahu Ta’ala ‘Alam Bishawab.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *