Inilah Generasi Terbaik Umat Islam

Generasi Terbaik Umat Islam

Alomuslim.com – Umat Rasulullah merupakan umat terbaik dari seluruh umat-umat para Nabi yang diutus sebelum beliau. Meskipun umat Rasulullah datang sebagai yang terakhir diantara umat-umat lainnya, tetapi di akhirat kelak umat Rasulullah-lah yang akan memasuki Surga terlebih dahulu di bandingkan dengan umat-umat lainnya.

Allah telah memberikan pujian kepada umat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, dalam firman-Nya :

“Kamu adalah umat terbaik yang dilahirkan untuk manusia, menyuruh kepada yang ma’ruf dan mencegah dari yang munkar, dan beriman kepada Allah..” (QS. Ali Imran : 110)

Tetapi diantara umat Rasulullah, terdapat beberapa generasi terbaik, sebagaimana beliau sebutkan dalam sebuah hadits mutawatir, beliau bersabda :

“Sebaik-baik manusia adalah pada generasiku (yakni sahabat), kemudian orang-orang yang mengiringinya (yakni tabi’in), kemudian orang-orang yang mengiringinya (yakni generasi tabi’ut tabi’in).” (mutawatir. HR. Bukhari dan yang lainnya)

Generasi Terbaik Umat Islam

Inilah beberapa generasi terbaik yang beliau sebutkan dalam hadits tersebut :

1. Sahabat

Sahabat adalah orang-orang beriman yang bertemu dan melihat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam secara langsung serta membantu perjuangan beliau. Menurut Imam Ahmad, siapa saja diantara orang beriman yang bertemu dan melihat Rasulullah, baik sebulan, sepekan, sehari atau bahkan cuma sesaat maka ia dikatakan sebagai sahabat. Derajatnya masing-masing ditentukan dengan seberapa lama ia menyertai Rasulullah.

Para sahabat merupakan orang-orang yang mewariskan ilmu dari Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Diantara sahabat yang terbaik adalah para Khulafaur Rasyidin, kemudian 10 orang sahabat yang namanya disebutkan oleh Rasulullah yang mendapatkan jaminan surga.

2. Tabi’in

Tabi’in adalah orang-orang beriman yang hidup pada masa Rasulullah atau setelah beliau wafat tetapi tidak bertemu dengan Rasulullah dan bertemu serta melihat para sahabat. Tabi’in merupakan orang-orang yang belajar dan mewariskan ilmu dari para sahabat Rasulullah.

Salah seorang terbaik dari generasi Tabi’in adalah Uwais Al Qarn, yang pernah mendatangi rumah Rasulullah untuk mendapatkan kemuliaan menjadi sahabat, tetapi tidak berhasil bertemu dengan beliau. Uwais Al Qarn, pernah disebutkan secara langsung melalui lisan Rasulullah sebagai orang yang asing di bumi tapi terkenal di langit. Bahkan Rasulullah memerintahkan sahabatnya, Umar dan Ali, untuk mencari Uwais dan meminta untuk di doakan, karena ia merupakan orang yang memiliki doa yang diijabah oleh Allah.

Adapun diantara orang-orang yang tergolong generasi tabi’in lainnya yakni Umar bin Abdul Aziz, Urwah bin Zubair, Ali Zainal Abidin bin Al Husein, Muhammad bin Al Hanafiyah, Hasan Al Bashri dan yang lainnya.

3. Tabi’ut Tabi’in

Tabi’ut tabi’in adalah orang beriman yang hidup pada masa sahabat atau setelah mereka wafat tetapi tidak bertemu dengan sahabat dan bertemu dengan generasi tabi’in. tabi’ut tabi’in merupakan orang-orang yang belajar dan mewariskan ilmu dari para tabi’in.

Diantara orang-orang yang termasuk dalam generasi ini adalah Imam Malik bin Anas, Sufyan bin Uyainah, Sufyan Ats-Tsauri, Al Auza’i, Al Laits bin Saad dan yang lainnya.

Merekalah generasi terbaik umat ini, maka selayaknya kita sebagai umat muslim yang datang belakangan untuk mencontoh dan mengambil ilmu dari kitab-kitab yang telah mereka tuliskan. Semoga kita bisa mengikuti para generasi terbaik umat ini.

0 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like