hakikat penciptaan manusia
DASAR ISLAM, KEIMANAN

Hakikat Penciptaan Manusia

Hakikat Penciptaan Manusia – Sungguh Allah yang telah menciptakan makhluk, maka hanya Dialah yang berhak untuk diibadahi, bukan selainNya yang tidak menciptakan makhluk, namun Allah tidak butuh terhadap makhlukNya akan tetapi makhluklah yang butuh terhadapNya.

Firman Allah ﷻ, :

وَمَا خَلَقۡتُ ٱلۡجِنَّ وَٱلۡإِنسَ إِلَّا لِيَعۡبُدُونِ ٥٦

“Dan tidaklah Aku menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka beribadah kepadaKu.” (QS. Adz Dzariyat : 56)

Makna ayat ini, Allah ﷻ mengabarkan bahwa Dia menciptakan jin dan manusia untuk beribadah kepadaNya. Jadi tidak benar jika seorang muslim menaruh perhatian penuh terhadap kehidupan materialistis, karena seorang muslim diciptakan di dunia ini untuk satu tujuan dan dia harus berusaha keras mewujudkan tujuan tersebut, yaitu beribadah kepada Allah, tidak meniru-niru orang-orang kafir, yakni orang-orang yang didominasi oleh keinginan serta tujuan untuk bersenang-senang dengan kelezatan dunia dan syahwatnya.

Baca Juga : Makna Dan Konsekuensi Dua Kalimat Syahadat

Ibnul Qayim rahimahullah menjelaskan : Allah mengabarkan bahwa Dia menciptakan jin dan manusia bukan dikarenakan butuh kepada mereka, dan bukan demi mencari keuntungan. Akan tetapi Allah menciptakan mereka karena kebaikan agar mereka menyembahNya, sehingga mereka beruntung dengan segala keuntungan. Demikianlah sebagaimana firman Allah ﷻ :

إِنۡ أَحۡسَنتُمۡ أَحۡسَنتُمۡ لِأَنفُسِكُمۡۖ ٧

Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri…” (QS. Al Isra : 7)

Wallahu ‘alam

Referensi : Syarah Kitab Tauhid, Yazid bin Abdul Qadir Jawas (Pustaka Imam Asy Syafi’i : 2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *