Hal Pertama Yang Dilakukan Umar Bin Khaththab Setelah Masuk Islam
KISAH SAHABAT

Hal Pertama Yang Dilakukan Umar Bin Khaththab Setelah Masuk Islam

Alomuslim.com – Setelah Umar bin Khaththab radhiallahu anhu menyatakan keislamannya dihadapan Rasulullah shallallahu alaihi was sallam, ia bertanya kepada orang-orang, tentang siapakah orang yang paling pintar dalam menyebarkan gosip. Maka orang-orang memberitahu Umar, bahwa untuk urusan tersebut adalah Jamil bin Ma’mar Al Jumahi orangnya.

Umar langsung berangkat menuju ke rumah Jamil bin Ma’mar Al Jumahi. Setibanya disana, Umar berkata, ‘Wahai Jamil, apa engkau sudah tahu bahwa aku memeluk Islam dan memeluk agama Muhammad?’ Jamil bin Ma’mar tidak memberikan respon atas perkataan Umar. Ia kemudian pergi, keluar dari rumahnya. Umar mengikuti dari belakangnya.

Ketika Jamil tiba di pintu Masjid, ia berteriak dengan suara terkerasnya, ‘Wahai orang-orang Quraisy, -pada saat itu orang-orang sedang berkumpul di pintu Ka’bah- ketahuilah bahwa Umar bin Khaththab telah kafir dari agama nenek moyang kalian!’ Umar kemudian menyeru dari belakangnya, ‘Dia berdusta, sesungguhnya aku telah masuk Islam, dan bersaksi bahwa tidak ada Tuhan yang berhak disembah kecuali Allah dan Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya.’

Kemudian seketika itu, orang-orang Quraisy mengeroyok Umar, tetapi Umar membalas menyerang, hingga banyak orang-orang Quraisy itu hampir mati. Kemudian Umar duduk karena sudah kelelahan melawan, sedangkan orang-orang Quraisy masih ada sebagian yang mengepungnya. Hingga akhirnya ada seorang tua yang memisahkan mereka, dan orang-orang Quraisy pergi meninggalkan Umar.

Pernah juga pada malam hari setelah Umar memeluk Islam, ia berpikir tentang orang-orang yang paling kejam permusuhannya terhadap Rasulullah shallallahu alaihi was sallam, kemudian ia datang kepadanya untuk mengatakan bahwa dirinya telah masuk Islam. Maka ia teringat dengan Abu Jahal.

Maka keesokan paginya Umar-pun pergi ke rumah Abu Jahal. Abu Jahal menyambut Umar sambil berkata, ‘Selamat datang wahai anak saudara perempuanku. Apa yang membawamu datang kemari?’ Maka Umar berkata, ‘Aku datang kemari untuk memberitahukan padamu bahwa aku telah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, Muhammad, serta membenarkan apa yang dibawanya.’ Abu Jahal langsung menutup pintu rumahnya, sambil berkata, ‘Semoga Allah memburukkanmu, dan memburukan apa yang engkau bawa.’ 

Seperti itulah hal yang pertama kali dilakukan oleh Umar bin Khaththab setelah masuk Islam. Disaat sebagian sahabat menyembunyikan keislamannya, tetapi Umar tidak ragu sedikitpun untuk terang-terangan menyatakan keislamannya kepada orang-orang Quraisy, dan juga kepada orang yang paling keras memusuhi Islam, yakni Abu Jahal. Sesungguhnya masuk Islamnya Umar adalah sebuah pembuka kemenangan, hijrahnya memberikan kemenangan, dan pemerintahannya adalah karunia.

Referensi : Sirah Nabawiyah Ibnu Ishaq, Ibnu Hisyam (Akbar Media : 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *