Haram Mencukur Alis
DASAR ISLAM, PAKAIAN

Haram Mencukur Alis

Alomuslim.com – Banyak kita dapati hari ini, para wanita muslimah melakukan perbuatan mencukur alis untuk mempercantik penampilannya. Apakah mereka tidak mengetahui bahwa perbuatan tersebut termasuk perilaku yang dilaknat oleh Rasulullah shallallahu alaihi was sallam ?

Mencukur alis, dengan menghabisi semua bulu-bulunya atau hanya sekedar menipisknanya, adalah haram. Perbuatan ini diharamkan secara mutlak, baik perbuatan tersebut dimaksudkan untuk suami atau orang lain, dengan seizin suami atau tanpa izin suami.

Dalam hadits yang diriwayatkan Bukhari dan Muslim disebutkan, Nabi shallallahu alaihi was sallam melaknat para wanita yang mencukur alis dan yang meminta dicukurkan alisnya. Perbuatan ini diharamkan karena mencukur alis termasuk dalam merubah ciptaan Allah.

Meskipun perbatan ini dilaknat oleh Rasulullah shallallahu alaihi was sallam, hanya saja disayangkan perbuatan ini sangat marak di kalangan komunitas wanita Muslimah saat ini, bahkan di kalangan wanita-wanita yang menggunakan jilbab syar’i. Sampai-sampai ada diantara mereka yang menjadi penganjur untuk melakukan cukur alis kepada muslimah yang lainnya.

Semoga para wanita muslimah mau menyadari kesalahan yang mereka perbuat, dan bagi yang belum melakukannya, sebaiknya jangan sampai terjebak dengan perilaku kebanyakan wanita itu. Wahai Muslimah, dahulukanlah ketaatan kepada syariat meskipun engkau akan terlihat tidak menarik dimata manusia, daripada mendahulukan syahwat tetapi melanggar syariat demi agar disanjung oleh manusia.

Referensi : Shahih Fikih Sunnah Jilid 3, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *