Haramnya Kesombongan Atas Diri Seorang Muslim – Alomuslim

Haramnya Kesombongan Atas Diri Seorang Muslim

kesombongan atas diri seorang muslim

Haramnya Kesombongan Atas Diri Seorang Muslim – Seorang muslim tidak dibenarkan berperilaku sombong terhadap orang lain. Dalam banyak keterangan yang bersumber dari Al Qur’an dan As Sunnah, kita bisa temukan bahwa sikap sombong merupakan perilaku tercela dan diharamkan dalam syariat islam.

Allah ﷻ berfirman, yang artinya :

 “Dan janganlah engkau berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya engkau tidak akan dapat menembus bumi dan tidak akan sampai setinggi gunung.’ (QS. Al Isra’ : 37)

Dalam ayat yang lain, Allah ﷻ juga berfirman, yang artinya :

“Dan janganlah kamu memalingkan wajahmu dari manusia (karena sombong) dan janganlah berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.” (QS. Al Luqman : 18)

Baca Juga : Jangan Berlebihan Dalam Berpakaian

Sombong pada hakikatnya adalah menolak kebenaran dan merendahkan orang lain, barang siapa yang dalam hatinya memiliki rasa kesombongan meskipun ia sangat kecil, niscaya ia tidak akan masuk surga. Hal ini berdasarkan dari keterangan hadits shahih yang diriwayatkan dari Ibnu Mas’ud radhiallahu anhu dari Nabi ﷺ, beliau bersabda :

“Tidak akan masuk surga orang yang di dalam hatinya ada rasa sombong meskipun seberat biji sawi.” Seorang laki-laki berkata, ‘Sesungguhnya setiap orang itu menyukai manakala bajunya bagus dan sandalnya bagus.’ Maka beliau bersabda, : “Sesungguhnya Allah itu indah dan menyukai keindahan. Sombong itu adalah menolak kebenaran dan merendahkan orang lain.” (HR. Muslim)

Sombong merupakan sifat Allah ﷻ, karena hanya Dialah yang berhak menyandangnya, sementara seorang manusia tidak dibenarkan untuk menyandang sifat Allah tersebut. Hal ini diterangkan oleh hadits dari Abu Hurairah radhiallahu anhu, yang merupakan sebuah hadits qudsi, bahwa Rasulullah ﷺ bersabda :

“Allah berfirman, ‘Kemuliaan adalah kain sarung-Ku sedangkan kesombongan adalah pakaian kebesaran-Ku ; maka barangsiapa menyaingi-Ku dalam salah satu dari keduanya, maka Aku akan menyiksanya’.” (HR. Muslim)

Tidak ada kebaikan dalam sifat sombong. Umat muslim selalu diajarkan untuk bersikap baik kepada siapapun yang ditemuinya, meskipun orang tersebut telah berbuat buruk kepadanya. Telah jelas ayat dan hadits mengenai ancaman sifat sombong, sehingga tidak dibenarkan seorang muslim  bersikap sombong, sekalipun perbuatan sombongnya ditujukan kepada orang yang sombong terhadap dirinya. Berikut hadits penutup sebagai penjelasan bahasan kita mengenai haramnya sifat sombong. Dari Harits bin Wahb radhiallahu anhu, beliau berkata, saya mendengar Rasulullah ﷺ bersabda, :

“Maukah kalian aku beritahu tentang penghuni neraka? Yaitu setiap orang yang keras (lagi kasar), jawwazh (orang kaya tapi kikir) dan sombong.” (HR. Bukhari, Muslim)

Semoga Allah menjauhkan kita dari segala sifat sombong dan berbangga diri. Allahumma aamiin.

Referensi : Riyadhus Shalihin, Imam An Nawawi (Darul Haq : 2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *