Hemat Air Ketika Berwudhu

hemat air ketika berwudhu

Hemat Air Ketika Berwudhu – Wudhu merupakan perkara yang disyariatkan agama. Mempelajari wudhu merupakan sesuatu yang sangat penting, karena ia merupakan salah satu syarat sahnya ibadah shalat. Sebagaimana disebutkan dalam dalil yang berasal dari Al Qur’an dan As Sunnah. Allah  berfirman, yang artinya :

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki.” (QS. Al Ma’idah : 6)

Sementara dalil yang berasal dari hadits, yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, dia berkata, Rasulullah ﷺ bersabda :

“Shalat salah seorang diantara kalian tidak akan diterima apabila dia berhadats, sehingga dia berwudhu.” (HR. Bukhari No. 135, Muslim No. 225)

Baca Juga : Wudhu, Amalan Penghapus Dosa Anggota Badan

Ada beberapa perkara yang harus diperhatikan ketika kita berwudhu, selain mengenai tertib wudhu, diantara yang cukup penting untuk diketahui oleh umat muslim adalah dalam penggunaan air untuk berwudhu. Apabila kita memperhatikan perilaku umat muslim ketika wudhu, kita akan mendapati sebagian besar umat muslim menggunakan air secara berlebihan.

Padahal, syariat islam dalam banyak hal sudah memperingati umatnya untuk menghindari sikap berlebihan. Diriwayatkan dari sahabat Abdullah bin Mughaffal radhiallahu anhu, ia berkata, sesungguhnya aku mendengar Rasulullah  bersabda, :

“Akan muncul di dalam ummat ini satu kaum yang berlebih-lebihan dalam bersuci dan berdoa.” (HR. Ahmad IV/87, V/55, Abu Dawud No. 96, Ibnu Majah No. 3864).

Maka benarlah apa yang disabdakan oleh Rasulullah , umat muslim saat ini tidak memperhatikan dalam penggunaan air ketika berwudhu. Sebagian mereka berlebih-lebihan dalam menggunakan air ketika berwudhu, dengan membuka penutup kran saluran air selebar-lebarnya sehingga air yang mengalir sangat deras. Padahal Rasulullah  mencontohkan ketika berwudhu, beliau hanya menggunakan air sebanyak satu mudd, sebagaimana hadits yang diriwayatkan dari sahabat Anas bin Malik radhiallahu anhu, ia berkata, :

“Nabi biasa mandi dengan menggunakan satu sha’ hingga lima mudd dan berwudhu dengan menggunakan satu mudd.” (HR. Bukhari No. 201, Muslim No. 325)

Rasulullah  berwudhu hanya dengan air sebanyak satu mud, atau jika dikonversi dalam liter, kurang lebih 0,6875 liter. Bisa dibayangkan betapa hematnya Rasulullah dalam menggunakan air. Setelah kita mengetahui sunnah yang dicontohkan oleh Rasulullah  dalam menggunakan air ketika wudhu, semoga kita bisa menerapkan dalam keseharian.

Semoga Allah menjauhkan kita dari sikap berlebihan ketika berwudhu, dan menerima setiap ibadah yang kita kerjakan. Allahumma aamiin.

Referensi : 1000 Amalan Sunnah Sehari-hari, Khalid Al Husainan (Media Tarbiyah : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *