hukum bekerja di bank
DASAR ISLAM, TRANSAKSI KEUANGAN

Hukum Bekerja Di Bank Konvensional

Alomuslim.com – Bank Konvensional sebagian besar usahanya bergantung kepada bunga. Dimana bank mengumpulkan dana masyarakat dalam bentuk tabungan, lalu dari uang tabungan yang terhimpun tersebut dipinjamkan kepada suatu pihak dalam bentuk modal. Bank memberikan bunga kepada para penabung atau nasabah dengan besaran tertentu karena telah melakukan simpanan di bank, sementara itu bank menarik bunga dari peminjam dengan jumlah yang lebih besar karena telah memberikannya pinjaman. Selisih dari dua bunga tersebut merupakan laba yang diperoleh untuk bank.

Bunga yang diberikan kepada penabung atau nasabah maupun yang ditarik dari pihak yang diberikan pinjaman modal termasuk dalam kategori riba. Sementara riba dalam syariat Islam hukumnya adalah haram. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

“Orang-orang yang makan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan syaitan lantaran (tekanan) penyakit gila. Keadaan mereka yang demikian itu, adalah disebabkan mereka berkata (berpendapat), sesungguhnya jual beli itu sama dengan riba, padahal Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.” (QS. Al Baqarah : 275)

Maka dalam hal ini tidak boleh bagi seorang muslim bekerja di bank konvensional karena menganut sistem riba. Meskipun pekerjaannya hanya sebagai satpam, office boy atau pengurus gedung yang tidak berkaitan langsung dengan riba. Hal ini karena dengan pekerjaan tersebut, ia membantu atau menyediakan keperluan para pegawai yang berkaitan langsung dengan transaksi riba. Sementara Allah Ta’ala berfirman :

وَلا تَعَاوَنُوا عَلَى الأِثْمِ وَالْعُدْوَان

“Dan janganlah kamu tolong menolong dalam dosa dan permusuhan.” (QS. Al Maidah : 2)

Adapun mereka yang pekerjaannya sebagai direktur, pencatat, pengirim, penyimpan dan yang semisalnya, tidak diragukan lagi bahwa pekerjaan seperti itu berkaitan langsung dengan objek yang diharamkan, yakni riba. Dalam sebuah hadis shahih dari sahabat Jabir radhiyallahu ’anhu diterangkan, bahwa Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam melaknat pemakan riba, yang memberi riba, yang menjadi saksi transaksi riba, dan pencatatnya. Lalu Nabi bersabda, “Mereka semua sama.” (HR. Muslim 4177)

Bagi anda yang saat ini bekerja di bank konvensional, berhentilah dan bertaubatlah kepada Allah, karena pekerjaan anda merupakan sesuatu yang telah jelas Allah haramkan dan dilaknat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Dan anda tidak perlu khawatir tentang masalah rezeki, bukankah Allah telah berjanji untuk menjamin rezeki seluruh hamba-Nya?

Wallahu waliyyut taufiq.

Referensi :

  • Harta Haram Muamalat Kontemporer, Erwandi Tarmizi, MA (BMI Publishing : 2016)
  • Hukum Bekerja Sebagai Tukang Bersih Taman Di Bank Konvensional, Ahmad Anshori,Lc (Konsultasi Syariah : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *