Hukum Diskon Dalam Jual Beli
DASAR ISLAM, TRANSAKSI KEUANGAN

Hukum Diskon Dalam Jual Beli

Alomuslim.com – Banyak kita mendapati toko-toko di pusat perbelanjaan memberikan diskon atau potongan harga untuk beberapa jenis barang yang dijualnya dengan besaran yang berbeda-beda. Potongan harga biasanya diberikan oleh penjual untuk menarik konsumen dan meningkatkan penjualannya. Bolehkah pedagang memberikan diskon atau potongan harga atas barang yang dijualnya?

Pada prinsipnya, penjual berhak menawarkan barangnya dengan harga sesuai yang dia inginkan, karena barang yang di jual adalah miliknya. Dan seorang penjual berhak untuk memberlakukan barang sesuai yang dia inginkan. sehingga dalam hal ini, penjual berhak menurunkan harga, memberikan diskon atau potongan harga kepada konsumennya. Penjual tersebut juga berhak menetapkan harga yang berbeda untuk konsumennya.

Dalil dari pembolehan masalah ini adalah sabda Nabi shallallahu alaihi was sallam,

“Allah merahmati seseorang yang menjual, membeli dan membayar utang dengan hati yang murah.” (HR. Bukhari)

Berdasarkan dalil tersebut, seorang penjual yang menurunkan harga barangnya berarti ia adalah seorang penjual yang di rahmati Allah. Maka dalam hal ini, seorang penjual boleh memberikan diskon harga kepada para konsumen, karena hukum asal jual beli adalah boleh.

Namun, pada kondisi dan jenis barang tertentu, seperti bahan makanan pokok, bahan bakar atau barang-barang yang berkaitan dengan hajat orang banyak, maka seorang pendagang tidak bisa menetapkan harga dan memberikan diskon semaunya. Karena dikhawatirkan para pedagang akan memonopoli harga pasar, yang kemudian dapat menghancurkan pesaingnya.

Maka dalam hal yang demikian, pemerintah harus ikut campur dengan membuat kebijakan penetapan harga barang, demi menjaga kestabilan sosial masyarakat dan mewujudkan keadilan. Sehingga para pedagang harus menetapkan harga barangnya berdasarkan apa yang ditetapkan oleh pemerintah.

Wallahu a’lam.

Referensi :

  • Harta Haram Muamalat Kontemporer, Erwandi Tarmizi, MA (BMI Publishing : 2016)
  • Hukum Memberi Potongan Harga (Cashback), Ustadz Ammi Nur Baits

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *