hukum jual beli foto
TRANSAKSI KEUANGAN

Hukum Jual Beli Foto Atau Poster Manusia

Alomuslim.com – Hukum seputar gambar makhluk hidup, baik manusia maupun hewan, dengan menggunakan kamera merupakan permasalahan yang muncul belakangan. Karena kamera baru mulai ditemukan pada awal-awal abad ke 19 masehi. Sehingga pembahasan mengenai hukum gambar dengan kamera luput dari keterangan Al Qur’an dan As-Sunnah secara khusus, demikian juga dengan perkataan para imam madzhab.

Tetapi para ulama kontemporer telah memiliki pandangan mengenai hukum gambar dengan kamera. Dalam permasalahan ini para ulama terbagi menjadi dua pendapat :

  • Pendapat pertama : Haram menggambil gambar dengan kamera

Sebagian para ulama mengharamkan pengambilan gambar dengan menggunakan kamera, kecuali untuk hal yang bersifat sangat penting seperti untuk tanda pengenal diri pada KTP, Pasor, Ijazah dan dokumen penting lainnya. Pendapat ini di dukung oleh para ulama dewan fatwa kerajaan Arab Saudi.

  • Pendapat kedua : Dibolehkan menggambil gambar dengan kamera

sebagian ulama lainnya berpendapat bahwa mengambil gambar menggunakan kamera, sekalipun objeknya adalah makhluk hidup, hukumnya dibolehkan. Namun harus memenuhi kaidah umum syariat Islam seperti : bukan gambar wanita atau laki-laki yang terbuka aurat dan sebaiknya gambar hasil pemotretan tidak dipajang di rumah, tempat keramaian maupun media sosial.

Menurut ulama kelompok ini terdapat perbedaan yang sangat jauh antara menggambar makhluk bernyawa menggunakan tangan dengan menggunakan kamera. Apabila menggambar dengan menggunakan tangan dianggap menandingi ciptaan Allah, sehingga pengharamannyapun dijelaskan dalam redaksi hadits yang tegas.

Sementara menggambar dengan kamera disamakan dengan bercermin, sehingga hukumnya dikembalikan kepada asalnya perbuatan yakni diperbolehkan. Karena tidak ada seorangpun yang mengharamkan bercermin dan melihat bayangan di cermin.

Dari tinjauan diatas, pendapat kedua memiliki kecenderungan lebih kuat untuk dijadikan landasan untuk menghukumi mengambil gambar dengan menggunakan kamera.

Setelah mengetahui hukum menggambar dengan kamera. Maka bisa ditarik sebuah kesimpulan hukum untuk jual beli foto dan poster manusia adalah diperbolehkan dan hasil transaksinya adalah halal. Demikian juga dengan bekerja sebagai tukang foto adalah pekerjaan yang halal, dengan syarat memperhatikan kaidah umum syariat Islam yang telah dijelaskan diatas. Wallahu Ta’ala a’lam.

Semoga Allah memberikan petunjuk dan hidayah-Nya kepada kita.

Referensi : Harta Haram Muamalat Kontemporer, DRr. Erwandi Tarmizi, MA (BMI Publishing : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *