Hukum Memakai Gelang Untuk Laki-Laki
DASAR ISLAM, PAKAIAN

Hukum Memakai Gelang Untuk Laki-Laki

Alomuslim.com – Memakai gelang adalah diantara ciri khusus bagi kaum wanita, baik secara kebiasaan maupun tabiat (sifat asal). Karena ini merupakan perhiasan khusus bagi kaum wanita, maka para lelaki tidak diperbolehkan untuk memakainya, baik gelang tersebut terbuat dari bahan karet, plastik, kuningan dan yang lainnya. Adapun dasar dari pelarangannya adalah karena adanya unsur tasyabuh (menyerupai) dengan lawan jenis.

Dalam hal ini ada beberapa hadits yang menyatakan pelarangannya. Pertama hadits yang diriwayatkan dari Ibnu Abbas radhiallahu’anhu, ia berkata:

لَعَنَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمُتَشَبِّهِينَ مِنْ الرِّجَالِ بِالنِّسَاءِ ، وَالْمُتَشَبِّهَاتِ مِنْ النِّسَاءِ بِالرِّجَالِ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melaknat laki-laki yang menyerupai wanita dan para wanita yang menyerupai laki-laki” (HR. Bukhari no. 5435)

Dalam riwayat lainnya :

لَعَنَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ الْمُخَنَّثِينَ مِنْ الرِّجَالِ وَالْمُتَرَجِّلَاتِ مِنْ النِّسَاءِ وَقَالَ أَخْرِجُوهُمْ مِنْ بُيُوتِكُمْ

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam melaknat laki-laki yang kebanci-bancian dan para wanita yang kelaki-lakian”. Dan Nabi juga bersabda: “keluarkanlah mereka dari rumah-rumah kalian!” (HR. Bukhari no. 5436).

Ibnu Hajar Al-Haitami rahimahullah, yang merupakan ulama ahli fikih dari madzhab Asy-Syafi’i, mengatakan :

Diharamkan menyerupai wanita dengan menggunakan perhiasan yang khusus bagi wanita, yang terus-menerus digunakan oleh para wanita. Seperti menggunakan gelang tangan, gelang kaki atau semisalnya. Adapun menggunakan cincin maka boleh” (Al-Fatawa Al-Fiqhiyyah Al-Kubra, 1/261).

Dengan telah datangnya dalil yang shahih dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan juga penjelasan ulama mengenai perkara ini, maka hendaknya para laki-laki memilih perhiasan yang sejalan dengan sikap jantan laki-laki, dan pas dengan kebiasaan masyarakat tempatnya tinggal serta yang paling penting adalah tidak bertentangan dengan ajaran agama. Wallahu a’lam.

Referensi :

  • Bolehkah Lelaki Memakai Gelang? Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Munajjid (Al Manhaj : 2018)
  • Hukum Memakai Gelang Bagi Pria, Ahmad Anshri, Lc (Konsultasi Syariah : 2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *