Hukum Shalat Di Rumah Bagi Seorang Laki-Laki

Alomuslim.com – Para ulama telah bersepakat bahwa bagi seorang laki-laki mengerjakan shalat fardhu yang 5 waktu lebih utama di lakukan secara berjamaah di masjid. Namun para ulama berbeda pendapat mengenai hukumnya, sunnah atau wajib. Pendapat yang lebih kuat menyatakan bahwa hukumnya adalah wajib. Sehingga bagi laki-laki tidak boleh meninggalkan shalat berjamaah kecuali ada udzur syar’i (halangan yang dibenarkan agama) yang dapat menggugurkan kewajibannya.

Diantara dalil yang menguatkan pendapat tentang kewajiban seorang laki-laki mengerjakan shalat berjamaah di masjid adalah :

  • “Barangsiapa yang mendengar azan lalu tidak mendatanginya, maka tidak ada shalat baginya, kecuali bila ada uzur.” ( HR. Abu Daud dan Ibnu Majah)
  • “Seorang lelaki buta menjumpai Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dan dia berkata, ‘Wahai Rasulullah, sungguh aku tidak memiliki seorang penuntun yang bisa menuntunku berjalan ke mesjid.’ Kemudian ia memohon kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam agar diberikan keringanan sehingga dia boleh shalat di rumahnya, lalu beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam membolehkannya. Ketika orang tersebut berpaling pergi, beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam memanggilnya dan berkata, ‘Apakah kamu mendengar azan shalat?’ Ia menjawab, ‘Iya.’ Beliau pun mengatakan, ‘Maka datangilah!’” (HR. Muslim)

Namun, pendapat yang lebih tepat dalam perkara ini adalah bukannya tidak boleh seorang laki-laki mengerjakan shalat fardhu di rumah, hanya saja hal itu tidak sesuai dengan apa yang dilakukan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Berarti laki-laki yang mengerjakan shalat fardhunya di rumah, ia telah meninggalkan ajaran Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Dan konsekuensi dari meninggalkan ajaran beliau adalah akan menyebabkan seseorang dijauhkan dari agamanya dan juga kehilangan banyak keutamaan yang dapat mengangkat derajatnya di akhirat.

Meskipun demikian, shalatnya laki-laki tersebut tetap sah, karena shalat dengan berjamaah di masjid atau shalat sendirian di rumah bukan merupakan syarat sahnya shalat seseorang. Wallahu a’lam. 

Referensi :

  • Laki-Laki Wajib Shalat Berjamaah Di Masjid, Benarkah? Kholid Syamhudi, Lc (Konsultasi Syariah : 2010)
  • Hukum Seorang Laki-Laki Muslim Shalat 5 Waktu Di Rumah, video singkat Dr. Sufyan Baswedan, MA (Yufid TV : 2017)
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Comment