Hukuman Bagi Orang Yang Menolak Mengeluarkan Zakat – Alomuslim

Hukuman Bagi Orang Yang Menolak Mengeluarkan Zakat

Hukuman Bagi Orang Yang Menolak Mengeluarkan Zakat

Alomuslim.com – Zakat merupakan kewajiban yang telah sangat jelas diperintahkan oleh Allah dan Rasul-Nya atas setiap kaum muslim. Bahkan zakat merupakan termasuk salah satu rukun Islam. Sehingga meninggalkan kewajiban membayar zakat merupakan sebuah perkara yang sangat besar. Para ulama menggolongkan orang-orang yang menolak membayar zakat kedalam dua kelompok, yang keduanya memiliki kadar dan bentuk hukuman yang berbeda.

  1. Bagi orang yang mengingkari kewajiban zakat secara mutlak, maka untuk orang yang seperti ini para ulama telah bersepakat, ia dihukumi keluar dari Islam. Karena ia telah mendustakan Al Qur’an dan hadits, serta mengingkari sesuatu yang sudah menjadi kesepakatan dalam agama ini secara pasti.
  2. Bagi orang yang mengingkari kewajiban zakat secara mutlak, maka untuk orang yang seperti ini para ulama telah bersepakat, ia dihukumi keluar dari Islam. Karena ia telah mendustakan Al Qur’an dan hadits, serta mengingkari sesuatu yang sudah menjadi kesepakatan dalam agama ini secara pasti.
  • Menurut Imam Ahmad dan sebagian pengikut Hanafi, deng orang yang enggan menunaikan zakat karena kikir dihukumi kafir sebagaimana orang yang meninggalkan shalat dengan alasan malas.
  • Sementara menurut mayoritas ulama, menyatakan bahwa orang yang enggan menunaikan zakat karena kikir tanpa mengingkari kewajibannya, maka ia telah melakukan salah satu dosa besar dan mendapatkan ancaman siksa yang keras pada hari Kiamat kelak. Dan pelakunya tidak dikategorikan sebagai orang yang keluar dari Islam, karena masih mengakui kewajiban syariat.

Dan pent kedua ini yang lebih benar dan sesuai dengan hadits yang diriwayatkan Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu bahwa ketika Nabi shallallahu alaihi wa sallam menyebutkan tentang orang yang enggan mengeluarkan zakat dan hukuman baginya, setelah itu beliau bersabda:

“Kemudian ia melihat jalannya, apakah ke Surga atau Neraka.”

Adapun penjelasan dari hadits tersebut, seandainya orang yang menolak mengeluarkan zakat karena kikir dinyatakan kafir, maka tidak akan ada pilihan baginya untuk ke Surga.

Wallahu a’lam.

Referensi : Shahih Fikih Sunnah Jilid 2, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *