Golongan Yang Tidak Diterima Shalatnya
DASAR ISLAM, SHALAT

Inilah 3 Golongan Yang Tidak Diterima Shalatnya

Alomuslim.com – Shalat merupakan ibadah yang mulia dan ia adalah amalan yang pertama kali dihisab dari seorang hamba oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala di Akhirat kelak. Jika shalatnya benar maka amanlah ia, tetapi jika shalatnya tidak benar apalagi sampai tidak diterima, kerugian yang besar akan menimpa dirinya. Maka perhatikanlah 3 golongan berikut ini yang shalatnya tidak diterima, agar kita tidak termasuk golongan tersebut sehingga bisa terhindar dari kerugian di akhirat kelak.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

“Ada tiga kelompok yang shalatnya tidak terangkat walau hanya sejengkal di atas kepalanya (tidak diterima oleh Allah). (1) Orang yang mengimami sebuah kaum tetapi kaum itu membencinya, (2) Istri yang tidur sementara suaminya sedang marah kepadanya dan (3) Dua saudara yang saling mendiamkan (memutuskan hubungan).” (hasan. HR Ibnu Majah I/311 no 971)

Mari kita uraikan satu persatu :

  • Orang yang mengimami sebuah kaum tetapi kaum itu membencinya

Barangsiapa yang menjadi imam, sementara kaumnya atau makmumnya tidak menyukai, maka shalat orang tersebut tidak akan terangkat meskipun hanya sejengkal dari kepalanya. Menurut sebagian ulama, masuk dalam kategori imam juga adalah orang-orang yang diberikan amanah sebagai pemimpin di lingkungannya. Seperti, Ketua RT, Ketua RW, Kepala Lurah hingga Presiden. Dan apabila para pemimpin tersebut dibenci oleh warganya, maka shalatnya tidak akan Allah terima.

  • Istri yang tidur sementara suaminya sedang marah kepadanya

Golongan kedua adalah seorang istri yang membiarkan suaminya marah karena tidak terpenuhi kebutuhannya, sementara ia meninggalkannya tidur. Setiap shalat yang dikerjakan istri yang seperti itu akan sia-sia sampai ia meminta maaf dan meredakan kemarahan suaminya.

  • Dua saudara yang saling mendiamkan (memutuskan hubungan)

Dan golongan terakhir adalah dua orang saudara, baik saudara kandung maupun saudara seiman, yang saling mendiamkan serta memutuskan hubungan mereka. Kedua orang tersebut tidak akan mendapatkan balasan apapun dari shalat yang dikerjakannya sampai ia berbicara atau menyambung kembali hubungan yang diputuskannya.

Itulah 3 golongan yang shalatnya tidak terangkat walau hanya sejengkal dari kepalanya. Semoga Allah tidak menjadikan kita salah satu dari golongan tersebut. Allahumma aamiin.

Referensi :

  • 3 Golongan Yang Shalatnya Tidak Diterima, Abu Haidar (Yufid TV)
  • Tiga Kelompok Yang Shalatnya Tidak Terangkat, Syafiq Riza Basalamah, MA (BBG Ilmu : 2013)
Tags

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *