syarat poligami
DASAR ISLAM, KELUARGA

Inilah 4 Syarat Poligami

Alomuslim.com – Poligami merupakan syariat Islam yang telah Allah dan Rasul-Nya tetapkan atas umat Islam. Meskipun banyak orang-orang yang tidak setuju dan menyerangnya, namun tidak akan mereka mampu menghapuskan keberadaan poligami sebagai bagian dari syariat Islam. Karena untuk menghapuskan suatu syariat dari syariat yang telah ditetapkan haruslah dari Allah dan Rasul-Nya, bukan oleh persetujuan banyaknya manusia.

Meskipun banyak kaum lelaki yang telah membuat poligami menjadi buruk dipandang oleh sebagian manusia, namun hal itu tidak akan merendahkan poligami sebagai bagian dari syariat Islam yang mulia. Maka, bagi anda yang telah mempermainkan poligami sebagai mainan yang memberikan keuntungan bagi pribadi anda, bertaubatlah. Sungguh yang anda lakukan akan mendapatkan balasan yang berat dari Allah pada hari Kiamat kelak.

Syarat Poligami

Bagi anda yang jujur ingin berpoligami dalam rangka menegakkan syariat Islam dan berharap balasan yang baik disisi Allah, perhatikanlah beberapa syarat berikut ini :

  • Mampu berbuat adil diantara istri-istri yang telah anda nikahi atau yang akan dinikahi. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

‘..Kemudian jika kamu takut tidak akan dapat berlaku adil, maka (kawinilah) seorang saja..’ (QS. An Nisaa : 3)

  • Mampu menjaga diri dari fitnah (cobaan atau ujian) yang datang dari istri-istrinya hingga menyia-nyiakan hak Allah dalam mengurusi mereka. Allah berfirman :

“Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya diantara istri-istrimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu, maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka.” (QS. At Taghabun : 14)

  • Mampu menjaga kehormatan diri dan istri-istrinya, sehingga mereka tidak tercemar dan terjerumus dalam kerusakan, karena Allah Azza wa Jalla tidak menyukai seorang hamba yang merusak kehormatan dirinya dan orang lain.
  • Mampu menafkahi istri-istri serta anak-anak mereka. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

“Dan orang-orang yang tidak mampu kawin hendaklah menjaga kesucian (diri)-nya, sehingga Allah memampukan mereka dengan karunia-Nya.” (QS. An Nur : 33)

Itulah empat syarat poligami yang harus dipenuhi oleh para laki-laki yang hendak berpoligami. Anda harus benar-benar telah mampu untuk memenuhi keempat syarat tersebut, dan jangan menjadikannya sebagai uji coba atau main-main semata. sungguh, perbuatan itu tidak pantas anda lakukan atas syariat Islam yang mulia ini. Wallahu a’lam.

Referensi : Shahih Fikih Sunnah Jilid 3, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *