Inilah Balasan Dan Keutamaan Tauhid
DASAR ISLAM, KEIMANAN

Inilah Balasan Dan Keutamaan Tauhid

Alomuslim.com – Tidak ada pengaruh yang paling baik dan keutamaan yang paling utama dari setiap perkara dalam agama Islam yang sebanding dengan Tauhid. Karena sungguh segala kebaikan di dunia dan akhirat merupakan buah serta keutamaan dari tauhid ini. Allah berfirman :

“Orang-orang yang beriman dan tidak mencampuradukkan iman mereka dengan syirik, mereka itulah orang-orang yang mendapat rasa aman dan mereka mendapat petunjuk.” (QS. Al An’am : 82)

Allah Subhanahu wa Ta’ala mengabarkan kepada seluruh umat manusia, bahwa keutamaan tauhid dan balasannya, yaitu seseorang akan mendapatkan keamanan di dunia maupun akhirat, serta diapun akan mendapatkan petunjuk kepada jalan yang lurus. Sementara, orang yang tidak bertauhid kepada Allah, ia akan terjatuh dalam kesyirikan, maka orang yang seperti ini tidak akan mendapatkan keamanan dan petunjuk. Allah akan sesatkan mereka dan sungguh mereka adalah orang-orang yang celaka.

Dari Ubadah bin ash-Shamit radhiallahu anhu, bahwa dia berkata, Rasulullah shallallahu alaihi was sallam bersabda :

 “Barangsiapa bersaksi bahwa tidak ada tuhan yang berhak diibadahi dengan benar melainkan Allah semata, tidak ada sekutu bagi-Nya, dan bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya, Isa adalah hamba Allah dan Rasul-Nya dan kalimat-Nya yang disampaikan-Nya kepada Maryam serta roh dari-Nya, Surga adalah benar dan Neraka adalah benar adanya, maka Allah pasti memasukkannya ke dalam Surga bagaimanapun amal yang telah diperbuatnya.” (HR. Bukhari no. 3435, Muslim no. 28)

Hadits ini dan beberapa hadits yang lainnya, menunjukkan bahwa orang yang mengucapkan kalimat tauhid, Laa ilaha illallaahu, balasan baginya adalah Surga dan diharamkan atasnya Neraka. Namun, terdapat syarat-syarat yang harus dipenuhi ketika mengucapkan kalimat tauhid tersebut, yakni : hanya untuk Allah (ikhlas), jujur, yakin dan tidak ragu.

Jadi, siapapun yang mengucapkan kalimat tauhid Laa ilaha illallaahu dengan ihklas dan keyakinan yang sempurna, niscaya Allah akan memberikan kepadanya balasan berupa rasa aman dan petunjuk ketika hidup di dunia serta dimasukkan ke Surga dan dijauhkan dari Neraka pada hari Kiamat kelak, walaupun selama hidup di dunia masih melakukan perbuatan dosa.

Referensi : Syarah Kitab Tauhid, Yazid bin Abdul Qadri Jawas (Pustaka Imam Asy Syafi’i : 2017)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *