Inilah Empat Keistimewaan Nabi Adam Alaihissallam
KISAH NABI DAN RASUL, KISAH PARA RASUL

Inilah Empat Keistimewaan Nabi Adam Alaihissallam

Alomuslim.com – Nabi Adam sebagai manusia pertama yang diciptakan Allah Subhanahu wa Ta’ala, sudah merupakan sebuah keistimewaan tersendiri. Tetapi menjadi manusia pertama bukanlah sebuah keistimewaan yang luar biasa bagi Nabi Adam Alaihissalam.

Nabi Adam menjadi makhluk dari golongan manusia yang merasakan Surga, juga merupakan sebuah keistimewaan. Akan tetapi, pada akhirnya nanti juga banyak diantara manusia yang akan merasakan kenikmatan Surga.

Namun, ada beberapa keistimewaan yang sangat luar biasa, yang tidak akan mungkin dirasakan oleh siapapun, kecuali dengan kehendak Allah Azza wa Jalla. Sedikitnya ada empat keistimewaan yang paling utama yang diberikan Allah kepada Nabi Adam Alaihissallam, yakni :

(1) diciptakan dengan tangan-Nya secara langsung,

(2) meniupkan sebagian ruh ciptaan-Nya,

(3) memerintahkan para malaikat untuk sujud kepadanya, dan

(4) mengajarkan nama segala benda kepadanya.

Hal ini sebagaimana dalam firman Allah Subhanahu wa Ta’ala :

“Maka apabila Aku telah menyempurnakan (kejadian)nya, dan Aku telah meniupkan ruh (ciptaan)-Ku, maka tunduklah kamu (para malaikat -ed) kepadanya dengan bersujud.” (QS. Al Hijr : 29)

Itulah kenapa Nabi Musa sang Kalimullah (orang yang berbicara kepada Allah) (akan) berkata kepada Nabi Adam di padang Mahsyar nanti, ‘Engkau Adam, ayah manusia, Allah menciptakanmu dengan tangan-Nya, meniupkan ruh ciptaan-Nya padamu, memerintahkan para malaikat sujud padamu, dan mengajarkan nama segala sesuatu kepadamu.’ 

Itulah empat keistimewaan yang Allah hanya berikan kepada Nabi Adam Alaihissallam. Wallahu Ta’ala a’lam bish shawab.

Referensi : Kisah Para Nabi, Ibnu Katsir (Ummul Qura : 2018)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *