Islam Adalah Mutiara Dan Akhlak Baik Adalah Pengikatnya

Islam Adalah Mutiara

Alomuslim.com – Apabila dibuat sebuah perumpamaan, Islam adalah mutiara sementara akhlak adalah pengikatnya. Makna yang bisa disimpulkan dari perumpamaan tersebut adalah Islam merupakan sesuatu yang sangat berharga yang harus dijaga agar tidak lepas dari genggaman. Dan untuk menjaga benda berharga tersebut adalah dengan membuatkan ikatannya agar tidak lepas. Akhlak mulialah yang menjadi pengikat mutiara tersebut.

Jika kemudian mutiara tersebut hendak dijadikan sebuah liontin, tidak ada seorangpun di dunia ini yang menginginkan liontin mutiaranya diikat dengan sejenis tali tambang. Tentu akan nampak buruk liontin tersebut. Pastinya orang-orang yang melihatnya juga akan meragukan keaslian mutiara tersebut dan tidak akan membuatnya tertarik dengan mutiara itu. Maka liontin itu haruslah dibuatkan sebuah pengikat yang memiliki nilai dan kualitas sama baiknya dengan mutiara itu.

Maka apabila anda sebagai seorang muslim ingin menunjukkan indahnya Islam kepada orang lain, dan anda benar-benar ingin meyakinkan orang itu bahwa Islam adalah agama mulia, cukup bagi anda dengan menunjukkan kepada mereka akhlak yang mulia, tidaklah perlu anda berceramah panjang lebar, pasti orang tersebut akan yakin bahwa Islam memang agama yang mulia. Karena akhlak mulia lebih mudah menundukkan orang dari pada kata-kata anda.

Tetapi lain lagi yang akan didapati, apabila anda berusaha menunjukkan kemuliaan Islam kepada orang lain, namun anda memperlihatkan akhlak buruk dan perilaku yang tercela, meskipun anda menggelar seminar atau ceramah ribuan kali untuk meyakinkan mereka, maka mustahil orang-orang tersebut akan yakin bahwa Islam adalah agama yang mulia. Karena anda sebagai orang yang menyeru saja mencontohkan sesuatu yang tercela.

Maka amalkan keislaman anda dengan indahnya akhlak mulia, niscaya orang lain akan mendapati Islam bak mutiara. Karena akhlak mulia akan dapat menundukkan seseorang dan memudahkan orang lain untuk menerima kemuliaan Islam. Demikianlah yang dilakukan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam ketika mendakwahkan Islam, dan betapa banyak orang-orang yang akhirnya menerima hidayah Islam karena mendapati akhlak mulia yang beliau perlihatkan.

Referensi : Akhlak Yang Baik, video ceramah Ustadz Ali Ahmad (Yufid TV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *