Isterimu Bukan Bidadari
DASAR ISLAM, KELUARGA

Istrimu Bukan Bidadari Dan Suamimu Bukan Malaikat

Alomuslim.com – Merupakan hal yang sangat manusiawi ketika setiap orang, baik laki-laki maupun wanita, menginginkan untuk memiliki pasangan yang sempurna dalam mengarungi bahtera rumah tangga mereka. Seorang laki-laki mengharapkan isterinya seperti sosok bidadari, demikian halnya dengan wanita yang juga berharap suaminya seperti sosok malaikat, baik secara fisik maupun sifat.

Tetapi bagaimana ketika harapan mereka tidak sesuai dengan kenyataan yang dihadapi? Isteri mereka tidak seperti sosok bidadari dan suami mereka tidak seperti sosok malaikat. Apakah mereka akan kecewa? Atau akan marah? Atau menyesal? Atau bahtera rumah tangga mereka harus berujung pada perceraian?

Maka yang perlu dipahami oleh setiap suami maupun isteri, bahwa yang membuat mereka saling mencintai dengan pasangannya bukanlah karena kecantikan atau ketampanan fisik pasangannya. Sesungguhnya yang menjadikan mereka saling mencintai dan berkasih sayang adalah Allah Subhanahu wa Ta’ala. Betapa banyak isteri yang cantik atau suami yang tampan tidak dapat membuat pasangannya semakin cinta, tetapi malah terkadang ada isteri atau suami yang buruk rupa, justru mampu membuat pasangannya sangat mencintai dan menyayanginya.

Hal yang paling mendasar, yang harus menjadi landasan dalam membangun rumah tangga bukanlah sekedar perasaan cinta karena kecantikan atau ketampanan pasangan, sungguh hal seperti itu tidak akan bertahan lama dalam kehidupan rumah tangga. Tetapi, kalau rumah tangga dibangun atas dasar cinta yang tidak memandang dengan kacamata fisik, niscaya pasangan mereka akan senantiasa terlihat cantik dan tampan dimata mereka.

Selain itu, para suami ataupun isteri juga jangan mengharapkan pasangannya memiliki sifat seperti bidadari atau malaikat, yang baik hati, yang lemah lembut, yang selalu mengerti perasaan pasangannya dan yang sangat penyabar. Sungguh hal ini juga sangat berbahaya bagi kehidupan rumah tangga. Karena dapat memicu kekecewaan, penyesalan, bahkan bisa menyebabkan perceraian, ketika ternyata mendapati pasangannya tidak seperti itu.

Bagi para Isteri janganlah memaksakan keinginan sehingga menyinggung kehormatan dan harga diri suaminya, dan suami juga jangan memaksakan keinginan untuk meluruskan isterinya, karena ia merupakan ‘tulang rusuk yang bengkok’ yang akan patah ketika dipaksa untuk diluruskan.

Maka yang sebaiknya dilakukan adalah saling memahami dan menerima kekurangan serta melihat pada kelebihan pasangannya. Karena isterimu bukan bidadari dan suamimu bukan malaikat.

Referensi : video ceramah Dr. Syafiq Reza Basalamah, MA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *