Jagalah Hal Ini Agar Rumah Tangga Anda Tidak Hancur
DASAR ISLAM, KELUARGA

Jagalah Hal Ini Agar Rumah Tangga Anda Tidak Hancur

Alomuslim.com Rusak atau hancurnya rumah tangga kaum muslim seringkali banyak disebabkan oleh tidak amanahnya suami atau istri dalam menjaga rahasia rumah tangganya. Hampir dalam banyak urusan rumah tangganya, mereka menceritakannya kepada orang lain, entah kepada orangtua, rekan kerja, teman curhat bahkan ke media sosial.

Maka untuk menjaga keutuhan rumah tangga, suami atau istri dapat melakukan beberapa hal berikut :

1. Tidak menyebarkan rahasia hubungan intim suami – istri

Ada sebagian diantara suami atau istri yang menceritakan atau menjadikan hubungan intimnya sebagai bahan untuk bercandaan kepada teman atau seseorang. Adapun hal tersebut merupakan sesuatu yang dilarang dalam syariat Islam.

Rasulullah shallallahu alaihi was sallam bersabda :

“Sesungguhnya di antara manusia yang paling buruk kedudukannya disisi Allah pada hari Kiamat yaitu laki-laki yang mencumbu istrinya, dan istri yang mencumbu suaminya, kemudian ia sebarluaskan rahasianya” 

2. Tidak membawa keluar percekcokan suami istri

Menceritakan permasalahan rumah tangga kepada orang lain terkadang justru menambah ruwet  persoalan, bahkan malah bertambah dengan adanya orang ketiga. Sebaiknya untuk mengadukan permasalahan rumah tangga, carilah orang yang berilmu atau berceritalah kepada seorang ulama agar diberikan solusi sesuai syariat.

Apabila permasalahan telah terlanjur menjadi besar, tetaplah jangan menceritakan kepada siapapun kecuali kepada juru damai. Hal ini sesuai dengan perintah Allah dalam kitab-Nya yang Mulia.

“Maka kirimlah hakam (juru pendamai) dari keluarga laki-laki dan seorang hakam dari keluarga perempuan. Jika kedua orang hakam itu bermaksud mengadakan perbaikan, niscaya Allah memberi taufik kepada suami istri itu.” (QS. AN Nisaa’ : 35)

3. Tidak menyebarkan sesuatu yang akan membahayakan rumah tangga atau salah satu anggota keluarga

Maksud dari hal ini adalah menceritakan rahasia anggota keluarga kepada orang lain sehingga, dengan tersebarnya berita tersebut akan membahayakan salah seorang anggota keluarganya. Hal ini sebagaimana firman Allah Azza wa Jalla :

“Allah membuat istri Nuh dan istri Luth perumpamaan bagi orang-orang kafir. Keduanya berada dibawah pengawasan dua orang hamba yang shalih diantara hamba-hamba Kami, lalu kedua istri berkhianat kepada kedua suaminya..” (QS. At Tahrim : 10)

Ibnu Katsir rahimahullahu menjelaskan tafsir ayat tersebut, ‘Istri Nuh tersebut selalu mengintip rahasia Nuh, apabila ada orang yang beriman kepada Nuh, makai a akan mengabarkan kepada pada pembesar kaum Nuh tentang keimanan itu. Adapun istri Luth, maka jika Luth menerima tamu laki-laki, dikabarkannya hal itu kepada orang-orang yang biasa melakukan kejahatan (homo seks)”, yakni agar mereka datang lalu melakukan perbuatan homoseks kepada tamu tersebut.

Jagalah hal tersebut agar rumah tangga anda terhindar dari kehancuran, janganlah bercerita kepada siapapun kecuali kepada orang yang berilmu dari kalangan ulama. Wallahu a’lam.

Referensi : 40 Nasihat Memperbaiki Rumah Tangga, Syaikh Dr. Muhammad bin Shalih al-Munajjid (Darul Haq : 2014)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *