Jangan Lakukan Hal ini Jika Anda Hendak Berkurban
DASAR ISLAM, MAKANAN

Jangan Lakukan Hal ini Jika Anda Hendak Berkurban

Alomuslim.com – Bagi anda yang ingin berkurban pada hari Raya Ied, maka sebaiknya menghindari untuk memotong kuku dan mencukur rambut. Hal tersebut dilarang oleh Rasulullah shallallahu alaihi was sallam dilakukan oleh seorang yang ingin berkurban, mulai dari memasuki tanggal 1 (satu) bulan Dzulhijjah hingga hari penyembelihan.

Berdasarkan hadits dari Ummu Salamah radhiallahu anha, bahwasanya Nabi shallallahu alaihi was sallam bersabda :

“Apabila telah masuk sepuluh pertama Dzulhijjah, dan kalian ingin menyembelih kurban maka janganlah ia memotong rambut dan kukunya sedikitpun.” (HR. Muslim no. 1977)

Pelarangan tersebut mencakup memotong semua kuku, apalagi sampai menghilangkan dengan mencabutnya yang mungkin disebabkan luka, kemudian mencukur, memendekkan, mencabut dan sejenisnya segala macam rambut dan bulu yang ada di badan, seperti rambut kepala, bulu ketiak, bulu kemaluan, kumis dan lainnya.

Para ulama berbeda pendapat mengenai pelarangan tersebut, apakah masuk dalam kategori haram atau hanya makruh. Sebagian ulama seperti Imam Ahmad, Ishad dan sebagian pengikut madzhab syafi’i menyatakan haram berdasarkan teks hadist tersebut. Sedangkan Imam Malik, Imam Asy Syaf’i dan para pengikutnya berpendapat bahwa larangan tersebut hanya makruh tanzih (tidak disukai), bukan haram.

Meskipun begitu, pelarangan untuk memotong rambut dan kuku bagi orang yang hendak berkurban, mengandung hikmah agar orang yang ingin berkurban berada dalam kondisi fisik yang sempurna yang kelak akan membebaskannya dari api neraka.

Wallahu Ta’ala a’lam.

Referensi : Shahih Fikih Sunnah Jilid 2, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *