kapal nabi nuh
KISAH NABI DAN RASUL

Seberapa Besarkah Kapal Nabi Nuh Alaihissalam ?

Alomuslim.com – Menurut para ulama ahli sejarah, setelah Nabi Nuh alaihissalam berdakwah selama ratusan tahun kepada umatnya dan senantiasa mendapati pengingkaran, kekejian dan keburukan, Allah memerintahkan kepada Nabi Nuh untuk membuat kapal besar yang belum pernah ada sebelumnya, juga tidak akan ada kapal sebesar itu setelahnya

Ketika menerima perintah untuk membuat kapal, Nabi Nuh bersegera melakukan perintah Allah tersebut, padahal disaat itu sedang musim kemarau. Sebagian ulama menyebutkan, Allah memerintahkan kepada Nabi Nuh untuk menanam pepohonan sebagai bahan dasar pembuatan kapal dan menantinya selama seratus tahun. Setelah itu baru Nabi Nuh memotongnya untuk membuat kapal.

Dan mulailah Nabi Nuh membuat kapal. Menurut Setiap kali pemimpin kaumnya berjalan melewatinya, mereka mengejek Nabi Nuh. Mereka mencemooh Nabi Nuh perihal yang dikerjakannya dan ancaman yang disampaikan kepada kaumnya. Ada diantara ahli sejarah menyebutkan salah satu bentuk ejekan yang dilakukan oleh kaumnya Nabi Nuh yakni, setiap kali kaumnya melewati kapal yang sedang dibuat, mereka meludahi bahkan membuang air besar dan air kecil diatasnya.

Dalam sebuah riwayat disebutkan, kayu yang digunakan untuk membuat kapal adalah jenis kayu Jati. Mengenai ukuran kapal yang dibuat oleh Nabi Nuh, terdapat beberapa riwayat berbeda-beda.  Menurut Kitab Taurat panjang kapal 300 hasta (+ 137 meter) dan lebar 50 hasta (+ 22,8 meter). Menurut Hasan al Bashri rahimahullahu, seorang ulama generasi tabi’in, panjangnya 600 hasta (+ 275 meter) dengan lebar 300 hasta (+ 137 meter). Sementara menurut riwayat Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhu, panjangnya 1200 hasta (+ 548,6 meter) dan lebarnya 600 hasta (+ 275 meter).

Namun semua mengatakan ukuran yang sama mengenai tinggi kapal, yakni 30 hasta (+ 13,7 meter), terdiri dari tiga tingkat, setiap tingkatnya setinggi 10 hasta (+ 4,57 meter). Tingkat bawah untuk hewan dan binatang buas, bagian tengah untuk manusia atau keluarga dan pengikut Nabi Nuh yang berjumlah 80 orang dan bagian atas untuk burung-burung.

Wallahu Ta’ala a’lam.

Referensi : Kisah Para Nabi, Ibnu Katsir (Ummul Qura : 2018)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *