Keadaan Manusia Di Akhir Zaman Semakin Sedikit Beramal

Keadaan Manusia Di Akhir Zaman Semakin Sedikit Beramal

Alomuslim.com – Pertanda ini dijelaskan oleh Nabi shallallahu alaihi was sallam dengan sabdanya, ‘..zaman berdekatan dan berkurangnya amalan..’ Maksudnya manusia telah lalai dari amalan-amalan akhirat.

Bisa jadi manusia mengabaikannya, baik dari segi subatansialnya, -hilangnya ke khusyukan dalam beribada-, ataupun tidak lagi mengerjakan amalan-amalan sunnah seperti ; bersedekah, membaca Al Qur’an, puasa dan lainnya. Kemungkinan besar hal ini terjadi disebabkan oleh perkara dunia.

Al Hafizh Ibnu Hajar rahimahullahu pernah berkata, ‘Adapun berkurangnya ama, bisa jadi hal ini merupakan fenomena umum yang terjadi dalam diri setiap individu. Sebab seseorang yang bekerja apabila dirinya disibukkan berbagai urusan maka secara otomatis dia akan banyak mengabaikan dzikir dan ibadah lainnya. Munculnya sikap khianat dalam berbagai bidang kehidupan boleh jadi merupakan akibat dari fenomena ini.’ (Fat Al-Bari, jil. 13 h. 20)

Dari komentar Al Hafizh, mkasud dari sabda Rasulullah, ‘berkurangnya amal’, kemungkinannya ada dua :

1. Kesibukkan manusia dalam urusan dunia sehingga mereka dibuat pusing oleh berbagai tuntutan, sehingga konsekuensinya terjadilah sikap mengabaikan terhadap ama ibadah. Atau meskipun mereka beribadah, tetapi sudah tidak lagi memperhatikan kaidah dan ketentuannya. Manusia semakin memiliki kecenderungan mengikuti nafsu yang mengarah pada hidup santai dan mengejar apa yang disenanginya.

2. Fenomena kecurangan dalam segala bidang. Pekerja hanya mau enak-enakan, pedagang mengurangi timbangan, dan para tuan besar mengurangi bayaran. Mereka mengabaikan amanah yang telah dititipkan kepada mereka. Bukankah fenomena ini banyak terjadi pada hari ini?

Refernsi : Ensiklopedi Akhir Zaman, Dr. Muhammad Ahmad Al-Mubayyadh (Granada Mediatama : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *