Keadaan Tubuh Penghuni Neraka

Alomuslim.com – Keadaan Tubuh Penghuni Neraka Kalau seandainya setiap umat muslim mau mengambil pelajaran dari Al Qur’an dan hadits Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mengenai peristiwa hari Kiamat, niscaya mereka akan menjadi orang-orang yang kuat keimanannya. Bagaimana tidak, Allah dan Rasul-Nya telah mengabarkan mengenai betapa kerasnya siksa yang akan diterima oleh para penghuni Neraka, serta betapa banyaknya nikmat yang akan diterima oleh para penghuni Surga.

Seharusnya, kabar tersebut bisa menjadi motivasi bagi umat muslim untuk lebih giat beribadah, agar dijauhkan dari siksa api Neraka dan dimasukkan ke dalam Surga. Tapi sebagian besar umat muslim, tidak menghiraukan kabar tersebut. Kita terbuai dengan berbagai kenikmatan dunia yang semu. Kita menjadi lalai karena perburuan harta dunia, kita menjadi lupa beribadah karena berbagai kemewahan dan kenikmatan, kita menjadi sombong karena kecantikan atau ketampanan yang kita miliki.

Sesungguhnya harta yang kita kumpulkan tidak akan mampu menolong di hari perhitungan nanti, sesungguhnya kecantikan dan ketampanan yang kita miliki tidak akan berguna pada hari pembalasan nanti. Semua itu akan hilang bersama segala yang ada di dunia. Pada hari itu hanya penyesalan yang tersisa, yang tidak akan ada penebusnya lagi. Neraka menjadi tempat kembali, dan sungguh ia merupakan seburuk-buruknya tempat kembali.

Nadzubillah tsumma naudzubillah.

Keadaan Neraka

Seluruh penghuni Neraka akan memiliki tubuh yang keras lagi buruk rupanya, karena mendapatkan siksa yang terus menerus. Gigi mereka sebesar gunung dan kulit mereka amat tebal. Sebagaimana hadits yang diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, dari Nabi  :

“Gigi geraham orang kafir seperti gunung Uhud dan ketebalan kulit mereka seperti perjalanan tiga (hari).” (HR. Muslim 17/186, At Tirmidzi 4/104)

Dalam riwayat yang lain Abu Hurairah menyebutkan :

“Ketebalan kulit orang kafir adalah 42 hasta. Gigi gerahamnya seperti bukit Uhud, dan tempat duduknya di Jahannam sepanjang antara Makkah dan Madinah.” (HR. At Tirmidzi : 2/105)

Para penghuni Neraka yang oleh Rasulullah disebut sebagai orang kafir, pada hari kiamat akan dikenakan mahkota dari api di atas kepala mereka. Hal ini berdasarkan keteranagn dari sahabat Abu Hurairah, ketika menjelaskan firman Allah dalam surat Al Isra ayat 17, yang artinya :

“(Ingatlah) suatu hari (yang dihari itu) Kami panggil tiap umat dengan pemimpinnya.”

Nabi  kemudian bersabda, :

“…Adapun orang kafir, maka wajahnya di hitamkan dan tubuhnya ditinggikan menjadi 60 hasta dalam rupa Adam, dan dipakaikan mahkota dari api..” (Hasan. HR. At Tirmidzi 4/365, disampaikan secara ringkas)

Para penghuni neraka juga memiliki tubuh yang cacat. Abu Sa’id al Khudri menuturkan, Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda tentang firman Allah Subhanahu wa Ta’ala :

“Dan mereka di dalam Neraka itu dalam keadaan cacat.” (QS. Al Mukminun : 104)

Yakni, ‘Ia dipanggang dengan api. Lalu terkelupas bibir atasnya hingga mencapai tengah kepalanya, dan bibir bawahnya terkelupas hingga mencapai pusarnya.” (Hasan. HR. At Tirmidzi : 4/109)

Demikianlah keadaan tubuh seseorang di Neraka. Tidak berguna lagi segala kekayaan yang kita miliki, akan hilang semua kecantikan atau ketampanan yang kita miliki di dunia. Semua akan berganti menjadi siksa yang amat pedih. Sungguh Neraka merupakan tempat kembali yang sangat buruk. Semoga Allah menjauhkan kita dari siksa Neraka-Nya. Aamiin allahumma aamiin.

Referensi : Rasulullah  Berkisah Tentang Surga dan Neraka, Wahid bin Abdussalam Bali (Pustaka At Tazkia : 2016)

Home

Prayers

Quran

Do'a

Qiblat