Kebaikan Minum Dan Makan Sambil Duduk

Kebaikan Minum Dan Makan Sambil Duduk

Kebaikan Minum Dan Makan Sambil Duduk – Dalam sebuah hadist Rasulullah melarang sesorang minum sambil berdiri. Dari Anas dan Qatadah, Sesungguuhnya Rasulullah SAW melarang seseorang minum sambil berdiri” QAtadah menjawab “bagaimana dengan makan?” Beliau menjawab “Itu lebih buruk lagi” (HR Muslim dan Turmidzi)

Larangan minum sambil berdiri ternyata menguak rahasia ilmiah dibaliknya. meminum air dalam posisi duduk karena didalam tubuh kita terdapat Sfinger yaitu suatu struktur makuler (berotot) yang dapat membuka dan menutup.  sfinger adalah penyaring dan setiap air yang melewati sfinger ini maka akan disalurkan pada pos pos penyaringan didalam ginjal. hal tersebut akan berbeda jika minum pada posisi berdiri karena sfinger menutup dan air tidak disaring terlebih dahulu maka air akan langsung menuju kandung kemih dan akan menyebabkan pengendapan pada ureter.

Dampak Negatif Jika Makan dan Minum Sambil Berdiri

Kebaikan Minum Dan Makan Sambil berdiri

1. Beresiko Terkena Artritis

Minum air sambil berdiri bisa mengganggu keseimbangan cairan dalam tubuh sehingga berakibat penumpukan cairaan di sesndi sendi tubuh dan menyebabkan Artritis. Artritis adalah peradangan pada sendi yang disertai rasa sakit, pembengkakan, kekakuan dan keterbatasan gerak.

2. Mengganggu Sistem Pencernaan

Mengganggu sistem pencernaan, Minum air sambil berdiri menyebabkan air mengalir melewati usus dan menciprat ke dinding perut, dalam jangka panjang akan merusak dinding perut dan saluran pencernaan

3. Haus Susah Hilang

Karena air tidak meresap dengan baik maka rasa haus pun menjadi susah hilang

4. Ginjal Tidak Dapat Menyaring

Seperti disebutkan diatas, di karenakan sfinger tidak terbuka maka air tidak dapat tersaring dengan baik dan akan meyebabkan penumpukan kotoran dan menyebabkan kerusakan ginjal.

5. Tidak Bisa Mengencerkan Kadar Asam Didalam Tubuh

 Jika kita minum dalam keadaan duduk, air yang kita minum dapat membantu mengencerkan kadar asam didalam tubuh.

6. Menyebabkan Ulser dan Heartburn

Minum air sambil berdiri membuat air menciprat ke area kerongkongan bagian bawah dan menimbulkan sensasi terbakar di kerongkongan karena zat asam di perut naik keatas.

7. Saraf Saraf Menegang

Disadari atau tidak saraf tubuh bisa menegang jika kita minum sambil berdiri, sebaliknya jika dalam keadaan duduk maka sistem parasimpatetik akan lebih rileks sehingga proses penyerapan pun akan berjalan dengan baik.

Karena itu mulailah membiasakan diri dengan minum dalam keadaan duduk dan tenang sehingga air dapat tercerna dengan baik dan memenuhi kebutuhan tubuh. serta biasakan minum air minimal 8 gelas sehari.

Sumber : Mirajnews.com & Vemale.com

10 Shares:
Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You May Also Like