Subhanallah, Inilah Keistimewaan Doa

Subhanallah, Inilah Keistimewaan Doa – Do’a merupakan ibadah yang paling disukai Allah ﷻ, karena terdapat 2 (dua) perkara didalamnya ketika seseorang berdo’a, yakni menganggungkan Allah dalam meminta dan merendahkan diri kepada Allah, yang menunjukkan bahwa manusia sebagai hamba memiliki kedudukan yang rendah bila dibandingkan ke Maha Tinggian Allah.

Bahkan do’a merupakan ibadah yang langsung diperintahkan Allah ﷻ kepada seluruh umat muslim, sementara bagi orang-orang yang enggan berdo’a justru mendapatkan ancaman sebagaimana firman Allah ﷻ :

وَقَالَ رَبُّكُمُ ٱدۡعُونِيٓ أَسۡتَجِبۡ لَكُمۡۚ إِنَّ ٱلَّذِينَ يَسۡتَكۡبِرُونَ عَنۡ عِبَادَتِي سَيَدۡخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ ٦٠

Dan Rabbmu berfirman : ‘Berdo’alah kepadaKu, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau beribadah kepadaKu akan masuk Neraka Jahanam dalam keadaan hina dina.’” (QS. Al-Mu’min : 60)

Dan juga melalui lisan Rasulullah ﷺ, beliau menyampaikan sebuah pesan kepada seluruh umat muslim untuk berdoa dan meminta hanya kepada Allah karena Allah Maha Mengabulkan doa :

sesungguhnya Rabb kalian yang Maha Suci lagi Maha Tiggi itu Maha Malu lagi Maha Mulia, Dia malu terhadap hambaNya jika dia mengangkat kedua tangan kepadaNya untuk mengembalikan kedua tangan tadi dalam keadaan kosong (yakni jika doanya tidak dikabulkan).” (Shahih. HR. Abu Dawud (No. 1488), At Tirmidzi (No. 3556), dan Ibnu Majah (No. 3856)

Doa memiliki manfaat yang sangat banyak sekali, bahkan jika dijabarkan bisa mencapai ratusan, diantara manfaat dan keutamaan doa yakni : mendatangkan keridhaan Allah, menghilangkan kesedihan jiwa sekaligus kemuraman hati, menjauhkan dari kesombongan untuk meminta kepada yang Maha Kaya serta terbebas dari ancaman neraka jahanam dan kehinaan di akhirat.

Wallahu ‘alam.

Referensi : Do’a & Wirid, Yazid Bin Abdul Qadir Jawaz (Pustaka Imam Syafi’i : 2016)

Home

Prayers

Quran

Do'a

Qiblat