kelpompok khawarij
SEJARAH DAN TOKOH ISLAM

Sifat-Sifat Kelompok Khawarij

Alomuslim.com – Khawarij merupakan kelompok yang pertama kali keluar dari barisan kaum muslimin dan memerangi serta mengkafirkan para sahabat Rasulullah. Mereka merupakan kelompok berbahaya yang kerap kali membuat onar dan sering mengkafirkan kaum muslimin.

Berikut beberapa sifat yang melekat pada kelompok khawarij, yang dihimpun dari beberapa hadits shahih yang menyebutkan sifat-sifat kelompok Khawarij, diantaranya :

  1. Mereka dikenal sebagai orang-orang yang rajin beribadah. Tetapi, mereka memandang rendah para sahabat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, bahkan mengkafirkan sebagiannya.
  2. Mereka dikenal sebagai orang-orang yang rajin beribadah. Tetapi, mereka memandang rendah para sahabat Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, bahkan mengkafirkan sebagiannya.
  3. Kelompok khawarij juga disifati sebagai orang yang “kecil giginya”, ini merupakan sebuah kiasan yang menunjukkan sifat gegabah dan terburu-burunya kelompk ini dalam mengambil sebuah sikap
  4. Mereka telah keluar dari Islam, laksana anak panah yang melesat dari busurnya. Ini menunjukkan, bahwa kelompok khawarij merupakan orang-orang yang baru mengenal Islam kemudian mereka keluar lagi karena pemahaman yang menyimpang. Tetapi mereka tetap berpenampilan dan beribadah seperti orang Islam, tanpa mengambil manfaat dari ajaran Islam
  5. Diantara sifat orang-orang khawarij juga, cepat menuduh orang, serta sikapnya yang urakan tanpa memperhatikan sopan santun, dan mudahnya lisan mereka mengkafirkan orang-orang yang tidak sepaham dengan mereka. Kelompok ini merasa merekalah yang paling Islam.
  6. Pada masa sahabat, kelompok khawarij dikenal dengan ciri khas kepala mereka yang botak. Pada masa lalu ciri inilah yang sangat kelihatan pada diri kelompok khawarij.
  7. Kelompok khawarij mudah sekali berubah pikiran, mereka memisahkan diri karena sebuah perbedaan dalam memandang hukum agama. Mereka menolak berhukum pada hukum yang dibuat manusia, dan mengkafirkan mereka yang berhukum padanya. Ini semua karena penafsiran mereka yang dangkal terhadap Al Qur’an. Dan mereka sering menyebarkan pemahaman seperti ini.
[irp posts=”1876″ name=”Jihad Dan ISIS (The Islamic State of Iraq and Sham)”]

Apabila Anda menyaksikan pada hari ini ada kelompok yang memiliki sifat demikian, maka mereka adalah orang-orang yang terindikasi khawarij. Wallahu a’lam.

Referensi : Ensiklopedi AKhir Zaman, Dr. Muhammad Ahmad Al-Mubayyadh (Granada Mediatama : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *