Kesalahan Yang Biasa Dilakukan Kaum Muslimin Ketika Wudhu

Alomuslim.com – Banyak kaum muslimin yang tidak berusaha menjaga wudhunya sehingga menyebabkan mereka terjatuh dengan melakukan beberapa kesalahan ketika mengerjakan wudhu. Beberapa kesalahan yang biasa dilakukan oleh kaum muslimin ketika wudhu diantaranya :

  1. Melafalkan niat wudhu

Niat disyaratkan agar wudhu menjadi sah. Hanya saja banyak kaum muslimin yang melafalkan niat sebelum melakukan wudhu dengan ucapan, “nawaitu..”. yang seperti itu tidak dibenarkan, karena niat tempatnya adalah di dalam hati, sebagaimana banyak dijelaskan oleh para ulama empat madzhab.

  1. Tidak membaca ‘Bismillah” sebelum wudhu

Membaca “Bismillah” sangat penting di lakukan sebelum wudhu, agar tidak merusak kesempurnaan wudhu seseorang karena lupa membacanya. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

Tidak ada shalat bagi yang tidak berwudhu, dan tidak ada wudhu bagi yang tidak menyebut nama Allah Ta’ala” (hasan. HR. Ahmad dan Abu Daud)

  1. Tidak memasukkan air ke dalam hidung

Memasukkan air ke dalam hidung (istinsyaq) merupakan wajib dilakukan ketika wudhu dan termasuk dalam rukun wudhu, menurut pendapat ulama yang paling kuat. Tetapi kebanyakan kaum muslimin pada hari ini tidak melakukannya dan hanya memasukkan jari-jari tangan mereka ke dalam hidung. Padahal Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam telah memerintahkannya :

“Apabila salah seorang dari kalian berwudhu maka hendaklah ia beristinsyaq.” (HR. Muslim 237)

  1. Mengusap kepala dan telinga lebih dari satu kali

Dalam satu riwayat yang shahih disebutkan bahwa Nabi shallallahu alaihi wa sallam mengusap kepala dan telinganya hanya sekali. (shahih. HR. Abu Dawud 133, At-Tirmidzi 36, dan lainnya) Maka banyak diantara kaum muslimin yang menyalahi tata cara mengusap kepala dan telinga dengan melakukannya lebih dari satu kali.

  1. Tidak menyela-nyela jari tangan dan kaki

Jari-jemari dan yang ada diantaranya adalah bagian yang termasuk diwajibkan untuk dibasuh. Bila membasuh tangan atau kedua kaki tidak bisa terlaksana dengan menyeluruh dan sempurna kecuali dengan menyertakan sela-sela jari, maka menyela-nyelanya adalah wajib. Dan banyak diantara kaum muslimin yang tidak melakukan ini dalam wudhunya.

  1. Tidak mengalirkan air dan mengusap anggota wudhu dengan benar

Terkadang sebagian orang terburu-buru dalam melakukan wudhu sehingga ketika mengalirkan air atau mengusap anggota tubuh, semuanya tidak dilakukan dengan sempurna sehingga ada bagian yang belum terkena air. Dalam hal ini Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam telah memperingati :

“Celaka tumit-tumit (yang tidak tersentuh air wudhu) di neraka” (HR. Bukhari 60, 165, Muslim 240). Hadits ini bisa diberlakukan juga untuk anggota wudhu lainnya.

  1. Berlebihan dalam menggunakan air untuk wudhu

Masih banyak dari kaum muslimin yang tidak memperhatikan penggunaan air dalam berwudhu, terkadang mereka membuka kran air dengan sebesar-besarnya sehingga banyak air yang terbuang. Dan hal itu jelas berlebihan dalam menggunakan air. Karena Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam ketika berwudhu hanya menggunakan air sebanyak 1 mud (+ 0,6-1 liter)

Itulah beberapa kesalahan yang biasa dilakukan oleh kaum muslimin ketika berwudhu. Semoga bermanfaat. Wallahu waliyyut taufiq.

Referensi :

  • Shahih Fikih Sunnah Jilid 1, Abu Malik Kamal bin As-Sayyid Salim (Pustaka Azzam : 2015)
  • 11 Kesalahan Dalam Wudhu, Yulian Purnama (Al Manhaj : 2016)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may like