Ketika Iblis Menolak Untuk Bersujud Kepada Nabi Adam
KISAH NABI DAN RASUL, KISAH PARA RASUL

Ketika Iblis Menolak Untuk Bersujud Kepada Nabi Adam

Alomuslim.com – Dikisahkan oleh para ulama ahli sejarah, bahwa kondisi Iblis, sebelum diciptakannya Nabi Adam alaihissalam, merupakan sosok yang shalih dan kuat dalam beribadah. Diantara bangsa Jin, Iblis memiliki kedudukan yang sangat tinggi, oleh karenanya ia sampai disejajarkan dengan para malaikat.

Tetapi kemudian setelah Allah Subhanahu wa Ta’ala menciptakan Nabi Adam alaihissalam, dengan Tangan-Nya langsung, maka Iblis mulai merasa khawatir dengan hal tersebut. Karena Nabi Adam, Allah sebutkan akan menjadi pemimpin di muka bumi, sementara waktu itu bangsa Jin telah mendiami bumi dan Iblis merupakan tokoh terbesarnya.

Allah Subhanahu wa Ta’ala anugerahkan kepada Nabi Adam berbagai ilmu dan pengetahuan yang tidak diberikan kepada Malaikat dan Iblis. Hal itu karena Allah Subhanahu wa Ta’ala hendak memuliakan Nabi Adam diantara makhluk ciptaan-Nya yang lain, terutama Iblis dari bangsa Jin dan juga para Malaikat.

Kemudian Allah mengumpulkan para Malaikat penduduk langit, termasuk juga Iblis yang saat itu berada disana. Dan memerintahkan kepada semuanya untuk bersujud kepada Nabi Adam, maka semua para Malaikat saat itu bersujud menghormat kepada Nabi Adam.

Namun Iblis menolak perintah Allah dan memilih untuk durhaka terhadap perintah Allah tersebut. Dalam Al Qur’an disebutkan apa alasan Iblis menolak perintah Allah, Allah bertanya kepada Iblis, tentu Allah Maha Mengetahui alasan Iblis,

“Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?’ maka Iblis menjawab, ‘Saya lebih baik daripadanya ; Engaku ciptakan aku dari api sedang dia Engaku ciptakan dari tanah’.” (QS. Al A’raf : 13)

Dan dalam ayat yang lain Allah menyebutkan alasan keengganan Iblis untuk taat, sungguh Allah Maha Mengetahui isi hati makhluk-Nya, Allah berfirman :

“Ia enggan dan takabur dan ia golongan orang-orang yang kafir.” (QS. Al Baqarah : 34)

Sehingga alasan sesungguhnya Iblis menolak perintah bersujud kepada Nabi Adam adalah kesombongankarena merasa lebih baik, dan perasaan dengki. Dia lebih memilih untuk menjadi golongan orang kafir daripada untuk taat terhadap perintah Allah.

Referensi :Permusuhan Iblis Dengan Adam, Kisah Muslim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *