Ketika Pasar Saling Berdekatan, Ketika Itu Kiamat Kian Dekat – Alomuslim

Ketika Pasar Saling Berdekatan, Ketika Itu Kiamat Kian Dekat

Ketika Pasar Saling Berdekatan

Alomuslim.com – Keberadaan pasar-pasar ternyata merupakan bagian dari salah satu pertanda hari Kiamat yang pernah disampaikan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam. Dalam sebuah riwayat dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda :

“Hari Kiamat tidak akan datang sebelum fitnah banyak bermunculan, banyak kedustaan, pasar-pasar yang berdekatan, waktu yang semakin pendek, serta banyaknya al-Harj.” Maka ditanyakanlah kepada beliau, ‘Ya Rasulullah, apakah al-Harj itu?’ Beliau menjawab, “Pembunuhan.” (shahih. HR. Ahmad no. 10346, Ibnu Hibban no. 1182)

Ini merupakan salah satu tanda yang sangat jelas dan sebagiannya telah menjadi kenyataan pada hari ini. Pertanda ini bukan hanya merujuk pada keadaan suatu wilayah saja, tetapi juga memperhatikan wilayah-wilayah lain secara umum yang ada diseluruh muka bumi. Hari ini pusat perbelanjaan dan juga pusat-pusat keramaian banyak dibangun oleh pemerintah diseluruh dunia.

Masyarakat kian dipermudah dengan berbagai fasilitas pendukung dan juga akses menuju pusat perbelanjaan. Kalau pada masa lalu jarak antara satu pasar dengan pasar yang lainnya sangat berjauhan, terkadang untuk mendatanginya orang harus menempuh perjalanan yang tidak mudah. Tetapi sekarang ini, setiap kota telah penuh dengan gedung pusat perbelanjaan, bahkan gedung-gedung tersebut dibangun dengan sangat megah.

Ekspansi minimarket ke wilayah-wilayah yang terpencil juga semakin memperkuat kenyataan pertanda hari Kiamat ini. Pertumbuhan minimarket ini sungguh luar biasa, bahkan jarak antar gerainya saling berdekatan hingga bersebelahan. Ditambah lagi dengan kemajuan yang dihasilkan dalam bidang teknologi, kian membuat keberadaan pasar semakin mudah dihadirkan dimana saja, bahkan masuk kedalam rumah-rumah.

Berbagai aplikasi Market place, kini bisa didapatkan dengan mudah di perangkat telepon genggam. Dengan keberadaan berbagai aplikasi market place ini, membuat masyarakat bisa melakukan kegiatan jual beli kapanpun dan dimanapun, bahkan bisa menjangkau orang-orang di lain negara sekalipun. Karena mudahnya mendapatakan aplikasi market place, dalam satu telpon genggam bisa terpasang sampai 2 atau 3 aplikasi market place, mungkin lebih. Bukankah itu jarak yang sangat berdekatan?

Hari ini, kita semua bisa menjadi saksi dan membuktikan apa yang telah dikabarkan oleh Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam dalam hadits di atas. Bahkan, kita merupakan orang-orang yang turut menjadi bagian dalam mendukung keberadaan pasar-pasar itu. Maka perhatikanlah pertanda ini.

Referensi : Ensiklopedi Akhir Zaman, Dr. Muhammad Ahmad Al-Mubayyadh (Granada Mediatama : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *