Keutamaan Bulan Ramadhan

Keutamaan Bulan Ramadhan – Ramadhan bulan penuh kebaikan, berkah dan keutamaan dari Allah ﷻ. Bulan ini memiliki banyak keutamaan dibandingkan sebelas bulan lainnya, diantara keutamaan bulan ramadhan adalah :

1. Bulan Alqur’an

keutamaan bulan ramadhan

Dibulan inilah, Allah ﷻ menurunkan kitabNya yang mulia sebagai petunjuk bagi manusia, penyembuh bagi orang-orang yang beriman, sebagai pembimbing kepada jalan yang lurus dan penjelasan kepada jalan kebaikan. Allah berfirman :

شَهۡرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِيٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلۡقُرۡءَانُ هُدٗى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَٰتٖ مِّنَ ٱلۡهُدَىٰ وَٱلۡفُرۡقَانِۚ فَمَن شَهِدَ مِنكُمُ ٱلشَّهۡرَ فَلۡيَصُمۡهُۖ ١٨٥

“Bulan Ramadhan adalah (bulan) yang didalamnya diturunkan al-Qur’an, sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang benar dan yang bathil). Karena itu, barang siapa diantara kamu ada di bulan itu maka berpuasalah…” (QS. Al Baqarah : 185)

Dalam ayat tersebut, bulan Ramadhan disifati sebagai bulan diturunkan al-Qur’an. Ayat tersebut juga mengisyaratkan kepada alasan Ramadhan sebagai bulan puasa adalah karena diturunkannya al-Qur’an pada bulan tersebut.

2. Dibelenggunya Syaithan, Ditutupnya Pintu-Pintu Neraka Dan Dibukanya Pintu-Pintu Surga

keutamaan bulan ramadhan belenggu

Dalam bulan penuh berkah ini, kejahatan di muka bumi menjadi berkurang, karena pada bulan Ramadhan, jin-jin jahat dibelenggu. Akibatnya, mereka tidak bisa melakukan pengerusakan terhadap umat manusia sebagaimana mereka biasa melakukannya di bulan-bulan lainnya. Sebab kaum muslimin tengah berkonsentrasi melaksanakan puasa yang merupakan pengekang syahwat.

Oleh karena itu, pintu-pintu jahannam ditutup, sedangkan pintu-pintu surga dibuka. Sebab di bulan ini kaum muslimin giat beribadah dan berbicara yang baik-baik. Rasulullah ﷺ bersabda :

“Jika bulan Ramadhan tiba, pintu-pintu surga akan dibuka, pintu-pintu neraka akan ditutup dan syaithan dibelenggu.” (HR. Bukhari No. 97, Muslim No. 1079)

3. Lailatul Qadar

keutamaan bulan ramadhan lailatul

Keutamaan lailatul qadar sangatlah besar, karena malam tersebut menjadi saksi diturunkannya al-Qur’an juga merupakan malam yang agung karena beribadah pada malam tersebut lebih baik daripada beribadah seribu bulan. Kaum muslimin disunnahkan berlomba-lomba untuk bangun malam dengan penuh keimanan dan mengaharapkan pahala dimalam-malam terakhir bulan Ramadhan. Dalil atas perintah bagi kaum muslimin agar mengejar malam lailatul qadar sebagaimana sabda Rasulullah ﷺ berikut :

Carilah lailatul qadar pada sepuluh malam terakhir Ramadhan. Jika salah seorang kalian tidak mampu atau lemah, hendaklah dia tidak ketinggalan untuk mengejar tujuh malam terakhir.” (HR. Bukhari No. 221, Muslim No. 1165)

Wallahu ‘alam

Referensi : Meneladani Rasulullah ﷺ dalam Berpuasa dan Berhari Raya, Syaikh Ali bin Hasan bin Ali al Halabi, Syaikh Salim bin Ied al Hilali (Pustaka Imam Asy Syafi’i : 2016)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *